9 Warna Cat Rumah Terbaik Berdasarkan Feng Shui

Ingin mencari cat terbaru untuk rumah Anda? Masih bingung harus memilih warna apa? Tahukah Anda, jika dalam ilmu tata ruang Cina atau Feng Shui, ternyata pemilihan warna cat rumah dapat berpengaruh pada keuangan, keharmonisan, dan kenyamanan hidup penghuninya. Feng Shui mempunyai tujuan utama untuk menyeimbangkan Yin, Yang dan aliran chi. Nah, warna termasuk ke dalam unsur utama karena mampu memberikan energi positif maupun negatif.

Pasti tidak mau kan salah dalam memilih warna cat untuk rumah idaman Anda? Yuk ketahui warna cat rumah terbaik berdasarkan Feng Shui.

Putih

Putih dapat memberikan kesan ringan dan cerah (Sumber: decoholic.org)

Dalam Feng Shui, warna putih memiliki arti kemurnian dan kepolosan yang juga menyimbolkan permulaan, sesuatu yang bersih, segar, dan bebas. Dalam dunia arsitektur, warna putih adalah warna netral yang paling sering digunakan untuk warna rumah. Putih dapat memberikan kesan ringan dan cerah pada rumah. Warna putih cocok digunakan untuk rumah yang menghadap ke arah barat, barat laut, dan utara karena warna ini merefleksikan cahaya yang dapat menstimulasi aura positif dari arah tersebut.

Ruangan yang cocok menggunakan warna putih antara lain ruang keluarga, ruang santai, atau dapur. Warna ini sangat baik digunakan untuk Anda yang ingin meningkatkan kreativitas dan juga bagi Anda yang memiliki anak.

Cokelat

Cokelat dapat memberikan nuansa elegan (Sumber: catrumahminimalis.me)

Warna cokelat dipercaya berkaitan dengan kesehatan, hubungan dengan pasangan, dan keharmonisan keluarga. Warna cokelat juga baik digunakan untuk umur panjang, lho. Jika Anda mempunyai rumah yang menghadap ke arah timur dan selatan, maka warna ini sebaiknya Anda pilih sebagai warna rumah. Warna cokelat dapat memberikan nuansa yang elegan pada rumah, tidak hanya pada cat rumah saja pada lantai rumah pun bisa kita permak menjadi warna coklat dengan menggunakan produk decking tile dari Greenwood.

Selain itu, menggunakan warna coklat pada ruangan belajar atau kerja, membuat kita semakin mudah berkonsentrasi.

Kuning

Warna kuning dapat memberikan energi positif (Sumber: myhomedecorideas.com)

Dalam Feng Shui, warna kuning diasosiasikan dengan matahari, keceriaan dan kebahagiaan. Menggunakan warna kuning untuk cat rumah dapat memberikan suasana yang nyaman, cerah, dan menyambut energi positif. Warna kuning dan semua variasinya seperti warna emas, beige, atau terakota sangat cocok digunakan untuk rumah yang menghadap ke arah timur laut, barat, barat daya, dan barat laut.

Hijau

Menggunakan warna hijau dapat memberikan nuansa segar dan teduh (Sumber: architectureartdesigns.com)

Hijau merupakan warna yang melambangkan keasrian, keharmonisan, kemurnian, dan kesuburan. Menggunakan warna hijau dapat memberikan nuansa segar dan teduh pada ruangan. Menurut feng shui, hijau juga menyimbolkan sesuatu yang harmonis dan dapat menyeimbangkan tubuh dengan membawa rasa tenang dari alam. Namun sebaiknya jangan gunakan warna cat rumah hijau pada ruangan keluarga, ruang belajar atau ruang bermain.

 Orange

Warna cat orange akan memberikan kehangatan pada rumah (Sumber: pieceti.com)

Warna orange identik dengan karakter yang ceria dan gembira. Warna orange termasuk ke dalam elemen api yang dapat membuat rumah menjadi lebih hidup. Menggunakan warna cat orange akan memberikan kehangatan tersendiri pada rumah. Warna ini cocok digunakan pada ruang keluarga, ruang makan atau koridor. Namun sebaiknya hindari pemakaian warna orange ini untuk ruangan yang tergolong sempit.

Biru

Warna biru dianggap sebagai penyeimbang untuk warna merah (Sumber: homestoriesatoz.com)

Dalam ilmu Feng Shui, warna biru dianggap sebagai penyeimbang untuk warna merah. Warna biru dipercaya dapat menenangkan api (merah). Biru mewakili warna langit dan laut yang menyimbolkan ketenangan, kedamaian, dan kebenaran. Bahkan, berdasarkan salah satu survei yang dilakukan pada tahun 2014 lalu menunjukkan bahwa orang dengan rumah berwarna biru adalah yang paling banyak meraih kesuksesan. Biasanya orang menggunakan warna ini untuk ruangan yang bersifat lebih pribadi, seperti kamar tidur, ruang terapi atau ruang meditasi.

Warna ini termasuk warna yang paling digemari karena mempunyai ragam yang sangat banyak. Mulai dari warna langit, biru air hingga lautan, atau biru indigo, banyak sekali pilihan warna biru yang dapat Anda pilih. Namun jika sedang dalam keadaan tertekan atau stres, sebaiknya jangan gunakan warna ini. Untuk menggunakan warna biru terdapat beberapa aturan yang harus dipatuhi menurut Feng Shui. Untuk kesehatan sebaiknya gunakan warna biru di sebelah timur, di bagian sudut tenggara untuk rezeki, dan bagian utara untuk karir.

Ungu

Warna ungu dapat memberikan aksen megah (Sumber: pinterest.com)

Menurut pakar Feng Shui, warna ungu adalah warna yang paling cocok digunakan sebagai aksesoris atau hiasan dari dekorasi rumah. Warna ungu dipercaya dapat memberikan aksen megah pada rumah. Gunakan warna ini pada bantal untuk dekorasi sofa hingga karya seni. Warna ungu adalah warna impresif yang mempunyai nilai spiritual tinggi. Nah, warna yang termasuk ke dalam elemen api ini dapat Anda gunakan pada ruang tidur ataupun ruang meditasi. Hindari pemakaian warna ungu untuk dapur dan kamar mandi.

Abu-abu

Warna ini berkaitan erat dengan prestasi dan kenyamanan (Sumber: pinterest.com)

Warna abu-abu adalah warna yang sering dikaitkan dengan warna surga. Warna ini juga berkaitan erat dengan prestasi dan kenyamanan. Orang yang menyukai warna abu-abu adalah orang yang seringkali dipercaya dan senang membantu orang lain. Apakah Anda salah satunya?

Merah

Warna merah adalah warna terkuat dalam Feng Shui (Sumber: mixandchic.com)

Nah, tentu Anda sudah mengetahui jika warna merah adalah warna terkuat dalam Feng Shui. Warna merah adalah warna yang mewakili unsur api dan dipercaya dapat membawa keberuntungan, kebahagiaan, serta romantisme. Warna merah juga kerap dihubungkan dengan sesuatu yang sensual dan keberanian. Menggunakan warna merah untuk cat rumah dapat melambangkan status sosial dan pencapaian hidup (prestasi) dari pemiliknya. Namun bagi Anda yang terlalu aktif atau sering merasa cemas, sebaiknya hindari pemakaian warna merah untuk kamar tidur.

Makna dari beberapa warna cat rumah menurut Feng Shui di atas hanyalah garis besar yang digunakan untuk mendapatkan keseimbangan antara estetika rumah dan psikologis penghuninya. Semoga dapat menambah ide dan membuat Anda lebih mudah menentukan pilihan warna untuk cat rumah.

__

Ssssst… ngomong-ngomong soal rumah, sudah cek produk Greenwood? Klik produk bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *