Ini Jenis Wallpaper Dinding yang Cocok Untuk Keperluan Dekorasi

Selain sebagai pengganti cat, wallpaper juga sudah lama dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif untuk mendekorasi dinding rumah. Selain lebih awet dan mudah dibersihkan, wallpaper dinding sekarang semakin beragam, baik motif dan modelnya.

Banyak juga cara mendesain interior dengan memadukan kekuatan cat dan wallpaper. Karena cat pastinya menghasilkan bidang dinding yang polos dan bersih sementara wallpaper memberikan motif lukisan atau pola teratur yang rapih, keduanya akan saling mengimbangi.

Motif Wallpaper

Untuk memilih gambar atau pola apa yang kamu sukai, secara umum wallpaper ada yang berupa lukisan, pattern alias pola seperti batik, bunga-bunga, dan sebagainya, dan embossed wallpaper. Embossed wallpaper selain memiliki motif juga memiliki tekstur pola yang timbul alias tidak rata.

Sebelum memesan wallpaper, sebaiknya tentukan dahulu bagian dinding mana saja yang akan dipasang wallpaper. Memang, seringkali wallpaper dipasang sebagai pengganti cat. Tetapi dinding yang dibiarkan polos bagus untuk tempat beberapa foto-foto atau lukisan, atau menghindari ruangan semakin terkesan kecil karena motif yang dipilih kelewat ramai.

Untuk wallpaper berupa lukisan, pilihlah yang menyegarkan dan lembut. Terutama untuk ruang tamu, karena tidak semua tamu menyukai lukisan dramatis. Selain itu dominasi warna gelap akan menyerap banyak cahaya lampu sehingga ruangan terasa lebih gelap.

Material Dasar

Selain motif, yang juga perlu kamu perhatikan saat memesan adalah material dasar. Karena selain memiliki ciri khasnya sendiri-sendiri, material tentu memberi pengaruh terhadap harga.

Seperti wallpaper dari kertas yang paling banyak tersedia, meskipun justru cukup rentan seperti mudah sobek dan harus berhati-hati saat memasang dan membersihkan dinding. Sudah pasti jenis paper ini yang paling murah dari wallpaper lainnya. Jenis ini paling cocok untuk kamar tidur atau ruangan yang bersih.

Baca juga : Keramik Lantai yang Berkualitas untuk Rumah Modern

Sementara untuk wallpaper di kantor, ruang tamu dan lainnya, gunakan bahan Vinyl Paper, Fiberglass Weaves yang sangat kuat, tahan terhadap jamur dan lembap.

Untuk wallpaper yang memberi kesan lebih spesifik, wallpaper dari Textile Paper bisa menampilkan berbagai warna, motif dan tekstur seperti katun, linen bahkan tenunan sutra. Untuk pemasangan wallpaper ini lebih baik dikerjakan oleh yang berpengalaman.

Wallpaper dengan emboss yang mudah dibersihkan dan dipindahkan terbuat dari bahan Heavy Duty Paper.

Untuk makin memberi sentuhan alami yang praktis, wallpaper dari nature fiber seperti bambu dan kelapa dapat menjadi solusi.

Bahan foils atau kertas timah juga dijadikan wallpaper. Hanya, bahan ini memberikan kesan mengkilap ini termasuk jarang digunakan.

Wallpaper untuk Menciptakan Suasana Nyaman yang Kamu Inginkan

Selain furnitur, warna atau desain pada tembok, atap dan gorden ikut berperan menciptakan suasana. Kamu perlu memilih warna dan desain wallpaper yang ‘bekerjasama’ agar ruangan terasa lebih nyaman.

Usahakan agar motif yang kamu pilih cukup mendukung mood yang positif, misalnya wallpaper dengan motif dan warna cerah.

Wallpaper untuk Menciptakan Ilusi Luas Ruangan

Memang, tidak ada yang salah dengan ukuran ruangan yang kecil. Misalnya untuk kamar atau living room tempat kamu dan anggota keluarga bertemu dan menikmati obrolan atau menonton DVD.

Namun untuk menciptakan suasana seolah lebih luas, pilihlah wallpaper dinding berupa lukisan pantai dengan dermaga yang semakin jauh dan mengecil. Suasana cerahnya juga mendukung mood yang bagus untuk melakukan kegiatan apapun, termasuk berbincang.

Atau untuk motif berupa pola, pilihlah pola yang kecil-kecil dan tidak ramai. Dengan begitu, suasana tidak terasa terlalu penuh.

Wallpaper Agar dinding Lebih tinggi

Selain memberi kesan rapih dan elegan, pola vertikal pada wallpaper memberi kesan dinding lebih tinggi dari yang sebenarnya. Sangat cocok untuk ruang tamu menyeimbangkan suasana yang kecil. Lengkapi dengan furnitur bergaya minimalis, suasana akan terlihat nyaman.

Embossed Wallpaper

Wallpaper dengan bentuk brick alias batu bata yang berstruktur timbul seringkali tidak disangka sebagai wallpaper berbahan vinyl. Begitu juga embossed painted wallpaper dengan motif batik.

Wallpaper Dinding dengan Frame Lukisan

Sebenarnya sah sah saja memajang lukisan atau foto pada dinding yang sudah diberi wallpaper. Namun agar tetap terasa harmonis, pilih saja wallpaper dengan pola yang rapih dan lembut.

Baca juga: 5 Desain Pagar Rumah Minimalis Ini Akan Buat Rumahmu Menawan

Wallpaper Dinding yang Feminin

Untuk suasana yang lembut dan feminin, selain dengan ornamen yang senada seperti lampu meja, vas bunga dan desain furnitur yang feminin, kamu bisa menambahkan wallpaper dinding. Secara umum, untuk desain feminin kamu bisa memilih pola bunga-bunga atau warna lembut seperti pink, tapi tetap menghindari kesan anak-anak.

Wallpaper Sesuai Hobi

Untuk dinding kamar, tentu sangat menarik kalau kamu menemukan tema wallpaper yang sesuai dengan hobimu. Misalnya untuk penggemar olahraga berkuda, atau penyayang hewan.

Wallpaper untuk Pecinta Alam

Dengan wallpaper yang menghadirkan pemandangan alam ke ruangan kamar, kamu akan mendapatkan suasana sejuk meskipun belum sempat melakukan perjalanan mengeksplorasi dan menikmati suasana.

Paduan Wallpaper dan Cat yang Serasi

Untuk keperluan desain interior, adakalanya hanya dua atau satu sisi dinding yang diberi cat dan sisanya dipasang wallpaper dinding. Dengan desain minimalis penampilan rumah tampak clean dan nyaman.

Terkadang untuk keperluan desain yang hanya sedikit, kamu bisa memilih vinyl sticker.

Ssssst… ngomong-ngomong soal rumah, sudah cek produk Greenwood? [Klik produk bagus]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *