7 Cara Membuat Desain Teras Rumah Minimalis yang Nyaman

Sering berpikir bahwa teras tidak terlalu penting? Eits, jangan salah. Teras adalah salah satu elemen penting dari eksterior rumah lho. Sebelum membuat teras, coba kita kenali terlebih dahulu apa makna teras sebenarnya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, teras merupakan bidang tanah atau lantai datar di depan rumah, yang lebih tinggi daripada yang lain (biasanya ditumbuhi rumput); tanah atau lantai di depan rumah dengan tempat berjalan-jalan atau tempat duduk-duduk; bisa juga atap rumah yang datar.

Untuk banyak orang, terutama orang Indonesia, teras mempunyai peran yang sangat penting, yaitu untuk menunjukkan kepribadian dari pemilik rumah. Selain itu teras juga memiliki beberapa manfaat lainnya, seperti sebagai tempat awal sebelum memasuki rumah, sebagai penghubung antara halaman dan ruang pertama di dalam rumah, sebagai tempat bercengkerama antar anggota keluarga, atau juga sebagai tempat menjamu tamu.

Teras rumah minimalis (Sumber: arsitag.com)

Ada dua jenis teras, yaitu teras depan dan teras belakang. Biasanya teras di bagian belakang rumah digunakan untuk mengobrol ringan bersama keluarga, sedangkan teras di bagian depan digunakan untuk menerima tamu. Pentingnya keberadaan teras, membuat desain rumah tidak luput juga desain teras menjadi sangat penting untuk dipikirkan.

Untuk Anda yang tidak mempunyai cukup banyak lahan untuk membuat teras, mendesain teras rumah minimalis dapat menjadi pilihan. Walaupun minimalis, Anda tetap dapat menyesuaikan desain teras sesuai dengan keinginan. Nah, berikut adalah beberapa cara membuat teras rumah minimalis yang nyaman.

1. Menggunakan lantai kayu

Teras rumah berlantai kayu (Sumber: dekoruma.com)

Pertama-tama Anda harus memilih papan kayu yang tahan terhadap kelembapan tinggi serta suhu yang ekstrim. Untuk pemilihan warna, dapat Anda sesuaikan sesuai dengan keinginan dan selera. Hal yang terpenting adalah bahan pelapis yang dapat membuat kayu semakin tahan terhadap pengaruh cuaca eksternal dan berfungsi sebagai pelindung bagi kayu.

2. Memilih furnitur yang sederhana

Gunakan furnitur yang sederhana (Sumber: gucci-inc.net)

Sebaiknya mulai desain teras rumah dengan memilih furnitur yang tepat. Furnitur teras depan yang minimalis biasanya hanya menggunakan bentuk yang simple dan tidak banyak ornamen. Jenis perabotan yang sederhana seperti ini sangat tepat untuk teras rumah dibandingkan penggunaan furnitur yang bercorak rumit dan penuh. Penggunaan furnitur yang terlalu rumit malah akan membuat penampilan teras rumah kurang indah dan terkesan berlebihan. Sebaiknya gunakan maksimal 2 hingga 3 kursi dengan satu meja saja.

Terlalu banyak menggunakan furnitur akan membuat teras berantakan dan terlihat sempit. Gunakan pula ukuran meja dan kursi yang tidak terlalu besar untuk memberikan kesan ruang yang lebih lapang. Jangan lupa untuk memerhatikan pemilihan warna pada furnitur teras rumah Anda. Gunakanlah warna-warna furnitur yang cerah.

Anda juga dapat mengkombinasikan pemilihan warna furnitur dengan warna pada dinding teras. Anda juga dapat menerapkan konsep teras dengan model lesehan, dan hanya menggunakan karpet serta bantal-bantal lucu untuk menciptakan kenyamanan yang berbeda.

3. Furnitur yang tahan cuaca

Furnitur tahan air (Sumber: irastar.com)

Melihat tempatnya yang berada di luar ruangan, mengharuskan Anda memilih furnitur teras yang sedikit lebih kuat dan tahan cuaca dibandingkan furnitur yang digunakan di dalam rumah. Walaupun teras Anda memiliki atap, hal ini tetap harus dipertimbangkan dengan baik. Furnitur yang tahan akan cuaca biasanya lebih awet meskipun terkena sinar matahari dan hujan secara langsung. Apalagi furnitur yang berbahan dasar kayu, cuaca dapat memengaruhi furnitur.

Alternatif lain dari furnitur kayu adalah furnitur yang berbahan plastik. Walaupun berbahan dasar plastik, furnitur ini juga tahan lama dan mempunyai banyak sekali model yang menarik. Dengan begitu, teras rumah minimalis Anda tetap dapat terlihat indah dan nyaman.

Model tiang teras berperan penting dalam tampilan teras rumah secara keseluruhan. Tiang dapat memberikan kesan rumah yang lebih luas, tinggi, dan mewah. Walaupun hanya dengan cara yang sederhana, Anda dapat menampilkan model tiang teras yang unik untuk menciptakan desain teras yang lebih mewah. Jika Anda ingin menggunakan tiang pada teras rumah, maka gunakanlah bentuk tiang yang kotak dan tidak terlalu besar. Ukuran tiang yang terlalu besar dan terlalu banyak ornamen akan membuat teras terlihat sempit.

5. Percantik teras dengan pernak-pernik tambahan

Tambahkan aksen lain pada teras (Sumber: pinterest.com)

Meskipun Anda memilih desain yang minimalis, teras rumah tetap dapat Anda percantik dengan menambahkan beberapa pernak-pernik yang sederhana. Misalnya memasang taplak meja dengan motif bunga-bunga kecil, meletakkan beberapa pot bunga cantik dengan ukuran kecil, atau mungkin juga menempatkan toples dengan beberapa cemilan di atas meja.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan bantal beserta sarung yang beraneka warna dan corak. Penambahan beberapa hiasan dinding di teras rumah juga dapat memberikan kesan yang berbeda. Namun, perlu diingat untuk tidak menggunakan hiasan dengan ornamen yang berlebihan.

6. Penggunaan material batu alam

Teras rumah menggunakan material batu alam (Sumber: rumahminimalisbagus.com)

Penggunaan material batu alam ini dapat digunakan untuk teras depan rumah atau juga teras yang ada di belakang rumah. Keduanya dapat memberikan kesan yang nyaman pada teras minimalis, terlebih jika teras digunakan untuk tempat mengobrol santai dengan keluarga atau tamu. Material batu alam yang natural dapat membuat rumah terkesan lebih segar dan alami.

Itulah tadi beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk mempercantik teras rumah minimalis. Meskipun terlihat sepele, teras sebenarnya memiliki fungsi yang benar-benar penting untuk rumah. Untuk itu, pastikan jika desain teras rumah Anda efisien dan indah.