10 Ide Taman Minimalis di Lahan Terbatas oleh Greenwood

Rumah Anda tidak mempunyai lahan yang cukup untuk membuat taman? Lahan yang semakin sempit, apalagi di wilayah perkotaan, membuat pilihan untuk memiliki taman rumah yang ideal menjadi masalah tersendiri. Padahal taman yang hijau dan asri tentunya adalah impian bagi setiap pemilik rumah maupun apartemen. Tidak hanya dapat mendatangkan udara segar di sekitar rumah, dengan melihat dedaunan hijau dapat berdampak positif bagi mata yang sudah lelah bekerja memandang layar monitor setiap hari.

Nah, bagi Anda yang tidak mempunyai cukup lahan untuk membuat taman jangan khawatir, dengan sedikit kreativitas Anda dapat memiliki taman minimalis idaman. Tidak membutuhkan tanah yang luas, desain taman minimalis ini bisa tetap membuat tempat tinggal Anda terlihat semakin asri dan menarik. Penasaran? Yuk, lihat beberapa ide taman minimalis untuk lahan terbatas berikut.

Taman dengan konsep bertingkat

Taman dengan konsep bertingkat (Sumber: dekoruma.com)

Punya hunian yang lebih tinggi dari jalanan? Nah, gaya taman yang satu ini sangat cocok untuk diaplikasikan. Membuat taman minimalis yang indah, tidak melulu harus dalam bentuk yang datar. Anda dapat menyesuaikan kontur rumah untuk desain taman minimalis. Membuat bentuk taman minimalis di bagian depan rumah dengan tingkatan yang cukup tinggi juga dapat difungsikan sebagai pagar. Tertarik?

Warna taman serba putih

Dekorasi bernuansa putih (Sumber: pinterest.com)

Warna putih adalah warna andalan yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan taman bergaya minimalis. Penggunaan warna putih dapat membuat lahan sempit terlihat lebih lapang, dibandingkan jika menggunakan warna gelap. Kok bisa? Ya, warna putih mempunyai sifat dasar yang dapat mencerahkan dan membuat ruangan terlihat lebih terang dan besar. Dukung taman dengan furnitur atau satu set tempat duduk yang sederhana dan juga berwarna putih. Desain yang satu ini dijamin bisa membuat Anda dan keluarga betah untuk duduk berlama-lama.

Penambahan elemen batu

Tambahkan elemen batu (Sumber: houzz.com)

Batu adalah salah satu elemen natural yang sering digunakan sebagai pelengkap untuk taman minimalis. Batu dapat menjadi hiasan dekoratif yang cantik karena memiliki berbagai macam bentuk, warna dan pola natural. Selain sebagai pelengkap hiasan taman, batu juga dapat Anda gunakan sebagai konsep utama dari taman minimalis. Penggunaan batu pada taman juga membuat taman minimalis menjadi lebih mudah dirawat serta membuat taman yang sempit terlihat lebih luas dan terang.

Baca juga: Desain Dapur Minimalis Bergaya Scandinavian, Yuk lihat!

Membuat kolam

Kolam pada taman (Sumber: coftable.com)

Saat mendengar kata taman, pasti langsung identik dengan tanah, rerumputan, bunga, dan berbagai tanaman lainnya yang menghiasi. Padahal, taman minimalis juga dapat diciptakan dengan menggunakan elemen air seperti kolam. Air dapat Anda gunakan sebagai alternatif media tanam untuk berbagai vegetasi yang hidup di atas air, seperti tanaman eceng gondok atau teratai. Kolam juga bermanfaat untuk mengatur kelembapan udara serta menjaga lingkungan rumah tetap sejuk. Selain itu, Anda juga bisa memelihara ikan di dalam kolam untuk membuat suasana taman menjadi lebih hidup.

Taman dengan elemen kayu

Unsur kayu (Sumber: pinterest.com)

Bagi Anda yang suka dengan kesan natural pada taman, penggunaan elemen kayu adalah pilihan tepat untuk Anda. Nah, penggunaan lantai dek kayu pada taman selalu berhasil memberikan kesan natural yang lebih mewah pada taman minimalis. Jika Anda tertarik untuk menggunakan desain yang satu ini, pastikan Anda memilih jenis kayu yang cukup kuat dan memenuhi spesifikasi untuk diletakkan di ruangan outdoor.

Menggunakan tanaman rambat

Gunakan tanaman rambat (Sumber: hgtv.com)

Lahan yang tidak terlalu luas membuat Anda harus ekstra kreatif dalam membuat desain taman minimalis. Salah satu cara yang paling efisien adalah menggunakan tanaman rambat sebagai elemen utama taman. Tanaman rambat tidak membutuhkan banyak lahan untuk tumbuh dan juga berkembang. Anda dapat mengaplikasikannya pada pagar rumah. Selain itu, tanaman rambat tidak membutuhkan banyak perawatan atau penanganan khusus untuk tetap tumbuh dengan baik. Tumbuhan jalar atau rambat adalah solusi paling baik untuk taman rumah yang berukuran kecil, karena tanaman dan bunga-bunga indah dapat tumbuh dengan bebas.

Berikan jalan setapak

Jalan setapak di tengah taman (Sumber: citragran.com)

Membuat area hijau di lahan sempit sebaiknya disiasati dengan pemberian pembatas agar tidak menghalangi jalan setapak. Untuk membuat area hijau ini tetap menonjol sesuai dengan fungsinya sebagai penghias rumah, Anda dapat menempatkan tanaman dalam pot-pot beton yang dibuat lebih tinggi dari permukaan tanah.

Vertical garden

Vertical garden (Sumber: agnetwest.com)

Siasati taman rumah yang sempit dengan membuat vertical garden dari pagar atau tangga. Tanami pagar atau tangga dengan tanaman jalar yang terlihat cantik dan romantik. Untuk menambah keindahan, pastikan juga jika pagar atau tangga di taman dapat dicat dengan warna-warna menarik untuk menambah kesan kontras dengan hijaunya taman rumah.

Buat taman yang fungsional

Taman yang fungsional (Sumber: lestnic.com)

Maksimalkan fungsi taman rumah yang sempit secara optimal. Buatlah taman rumah yang serba multifungsi. Bagaimana caranya? Kombinasikan ruang tanaman yang rimbun, dinding rendah dengan hiasan dinding yang dekoratif sekaligus tempat untuk menerima tamu yang nyaman. Tempat bersantai dengan hijaunya tanaman dapat memberikan kesan privasi yang hangat. Dinding taman dapat menjadi tempat duduk dan dekorasi lainnya dapat memperindah suasana. Jangan lupa untuk memberikan dekorasi bantal cantik untuk memberikan warna yang semakin variatif.

Tanaman bunga di dekat dinding

Tanaman sebagai pemanis dinding polos (Sumber: houzz.co.uk)

Dinding yang polos dapat memberikan kesan kaku dan sempit pada hunian. Samarkan kesan tadi dengan menanam sekelompok tanaman bunga atau semak di sepanjang dinding yang kosong.

Lahan yang terbatas bukanlah halangan untuk Anda mendapatkan taman minimalis impian. Selain dapat mempercantik rumah, desain taman yang baik juga dapat menentukan atmosfer dari tempat tinggal Anda. Taman juga dapat memengaruhi kesegaran dan kelembaban rumah.

 

Ssssst… ngomong-ngomong soal rumah, sudah cek produk Greenwood? Klik produk bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *