Yuk, Kenali Jenis Sofa Ruang Tamu yang Cocok dengan Desain Interior

Kita tentu saja selalu ingin meninggalkan kesan yang baik pada setiap tamu yang datang ke rumah. Nah, kesan tersebut dapat Anda dapatkan dengan penataan furnitur ruang tamu yang rapi dan indah. Salah satu furnitur yang paling penting untuk mendukung hal tersebut adalah keberadaan sofa ruang tamu yang nyaman dan sesuai dengan desain interior ruang tamu.

Saat Anda akan memutuskan untuk membeli sofa, pastikan kenyamanan adalah hal utama. Selain nyaman, hal lain yang tidak kalah penting adalah fleksibilitas. Sofa merupakan sebuah furnitur yang akan memakan banyak tempat, dan juga memiliki dampak visual. Namun terkadang, memilih sebuah sofa ruang tamu memang bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal perlu dipertimbangkan, mulai dari ukurannya, luas ruangan, hingga sofa ruang tamu seperti apa yang sebenarnya Anda sukai.

Nah, untuk Anda yang masing bingung ingin memilih sofa ruang tamu seperti apa yang cocok dengan desain interior rumah Anda, sebaiknya langsung saja kita lihat jenis-jenis sofa yang pas untuk tiap gaya interior berikut!

Sofa untuk ruang tamu luas

Sofa untuk ruang tamu luas (Sumber: roomstogo.com)

Beruntung sekali jika Anda mempunyai ukuran ruang tamu yang cukup luas, karena Anda dapat dengan mudah memilih desain sofa ruang tamu tanpa takut memakan banyak tempat. Untuk ruang tamu yang besar pilihlah sofa yang berkualitas dengan rangka yang kokoh seperti kayu jati. Hindarilah rangka sofa dari kayu daur ulang atau plywood bermutu rendah.

Jika ruang tamu Anda telah dipenuhi dengan furnitur lain yang ceria dan berwarna, maka pilihlah sofa ruang tamu yang berwarna netral. Hal ini untuk menghindari ruang tamu yang terlihat penuh sehingga kurang enak dipandang. Untuk jenis dudukan sofa ruang tamu, hindarilah memilih sofa dengan busa yang terlalu empuk karena cenderung cepat rusak.

Sofa untuk ruang tamu terbatas

Sofa untuk ruang tamu sempit (Sumber: seattletimes.com)

Kehidupan modern perkotaan saat ini memang membuat kita semakin sulit untuk memiliki rumah yang luas. Namun, memiliki sofa ruang tamu yang nyaman dan sesuai dengan gaya interior Anda tentu masih dapat terwujud. Hal pertama yang penting untuk Anda lakukan sebelum membeli sofa ruang tamu adalah mencobanya terlebih dahulu di toko. Jika tidak bisa, pastikan Anda membeli sofa ruang tamu dari perusahaan atau merek yang berkualitas dan terpercaya.

Baca juga: 10 Tips Desain Kamar Mandi Minimalis

Untuk ruang tamu yang sempit pilihlah bantalan sofa ruang tamu yang ramping agar kesan manis bisa Anda dapatkan. Penambahan cushion bantal sofa juga dapat membuat sofa ruang tamu lebih nyaman diduduki lho. Selain itu, cushion juga dapat memberikan dekorasi tersendiri pada desain ruang tamu Anda.

Sofa ruang tamu modern

Sofa modern (Sumber: eliteshomedecor.com)

Untuk Anda yang sedang menggemari desain interior minimalis atau kontemporer, pemilihan sofa ruang tamu bergaya modern bisa jadi merupakan hal yang tepat. Tidak seperti desain sofa ruang tamu lainnya yang biasanya didominasi kayu dan lebih menunjukkan kesan elegan, sofa ruang tamu modern justru sangat minim unsur kayu dan lebih mengutamakan kegunaan serta kepraktisan.

Seperti misalnya sofa ruang tamu bertipe Chaise yang berbentuk L layaknya permainan tetris, bentuknya memungkinkan penggunanya untuk duduk sambil menjulurkan kaki. Untuk pilihan warna Anda dapat menampilkan kesan segar dan tidak monoton dengan menggunakan sofa berwarna cerah. Jika Anda memutuskan untuk memakai sofa kulit, jangan lupa untuk melakukan perawatan khusus agar tidak cepat rusak.

Sofa ruang tamu tradisional

Sofa Cabriole (Sumber: roomester.ru)

Nah, kesan yang elegan tidak melulu harus ditampilkan dalam desain interior yang modern. Untuk Anda yang menyukai gaya etnik, sofa ruang tamu bergaya tradisional dapat menjadi pilihan. Misalnya saja sofa berjenis Cabriole yang memiliki tampilan kokoh dengan rangka kayunya yang tebal, dudukan yang empuk, dan sandaran yang tinggi. Kesan mewah dan elegan akan langsung tercipta dengan adanya sofa ini. Jika Anda ingin menyatukan unsur tradisional dan vintage yang lebih hangat dan lembut seperti gaya shabby chic, Anda dapat memilih sofa ruang tamu dengan bantalan lengan rendah dibandingkan sandaran.

Sofa ruang tamu bergaya country

Sofa ruang tamu bergaya country (Sumber: theangelmovie.com)

Jika Anda menginginkan suasana rumah yang tradisional sekaligus alami, maka Anda dapat menggunakan sofa ruang tamu bergaya country. Dominasi rangka kayu pada bagian bawah sofa, serta warna terang atau pastel pada bagian dudukan dan sandaran mampu membuat ruang tamu menjadi lebih sejuk. Jenis sofa seperti ini juga sangat cocok untuk digunakan pada rumah kayu. Selaraskan kesederhanaan yang manis dari sofa ruang tamu dengan desain interior ruangan yang tidak terlalu rumit. Dengan begitu, suasana pedesaan yang teduh akan hadir pada ruang tamu Anda.

Baca juga: Mengintip Keindahan Desain Kantilever

Sofa ruang tamu untuk suasana homey

Sofa bed untuk suasana homey (Sumber: ghshaw.co.uk)

Untuk Anda yang jarang menerima tamu, atau kebanyakan tamu Anda adalah kerabat dan teman dekat, maka tidak ada salahnya membuat suasana ruang tamu yang lebih akrab dan kekeluargaan. Desain ruang tamu seperti ini dapat Anda gunakan sekaligus sebagai ruang keluarga lho. Nah, keberadaan sofa ruang tamu berjenis sofa bed sangat tepat untuk menciptakan suasana yang lebih hangat dan kekeluargaan. Selain sifatnya yang praktis karena dapat dilipat ketika tidak dibutuhkan, sofa bed juga akan membuat kerabat dan teman-teman Anda menjadi lebih betah berkunjung tanpa perlu mengganggu ruangan lainnya.

Jadi, kira-kira sofa ruang tamu seperti apa yang paling cocok dengan gaya interior rumah Anda? Pastikan sofa ruang tamu yang Anda pilih sesuai dengan ukuran ruang serta desain furnitur lainnya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *