Tips Menata Rumah tipe 60 Minimalis

Rumah merupakan salah satu kebutuhan primer dari manusia. Tidak heran jika harga rumah semakin lama semakin melambung dari waktu ke waktu. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena membeli model rumah sederhana dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Nah, bagi Anda yang sedang mencari rumah yang terkesan elegan namun tetap dengan harga yang masih terjangkau, model rumah sederhana tipe 60 dapat menjadi jawabannya.

Bangunan dengan luas 60m2 yang biasanya terdiri atas dua lantai ini sedikit lebih luas dibandingkan dengan model rumah sederhana tipe 36 atau tipe 45, tetapi cukup luas dan nyaman untuk Anda yang membutuhkan ruang lebih banyak. Rumah tipe 60 biasanya mempunyai ukuran bangunan 6 m x 10 m. Rumah ini sudah cukup luas dengan 4 kamar tidur, 3 kamar mandi, 1 ruang tamu, ruang keluarga, garasi mobil, dan teras rumah. Rumah tipe 60 sudah dapat dikatakan cukup lega, tetapi dengan harga yang masih terjangkau.

Rumah tipe 60 (Sumber: blogspot.co.id)

Untuk membangun rumah tipe 60 dengan gaya minimalis, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dengan cermat. Jika salah mendesain, rumah Anda yang sudah bagus dan cukup luas bisa saja malah terlihat sempit dan kurang indah. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat denah terlebih dahulu. Buatlah daftar ruang-ruang apa saja yang Anda dan keluarga butuhkan, kemudian buatlah denah berdasarkan ruang-ruang tersebut.

Baca juga: Ciri Khas Arsitektur Bali yang Penuh Budaya

Setelah Anda selesai membuat denah, Anda dapat melanjutkan untuk mendesain tampilan eksterior (depan rumah) atau lebih dikenal dengan fasad. Kemudian lanjutkan dengan desain interior, termasuk penataan furnitur dan pemasangan elemen desain lainnya.

Fasad rumah tipe 60

Eksterior minimalis untuk rumah tipe 60 (Sumber: desainraya.com)

Pada bagian fasad atau eksterior rumah, desain yang paling banyak disukai untuk rumah tipe 60 adalah gaya modern minimalis yang simpel namun tetap elegan. Penggunaan warna monokrom juga dapat Anda jadikan pilihan. Anda juga dapat bereksperimen dengan warna favorit Anda, asalkan jangan menggunakan warna yang terlalu kontras jika Anda tidak ingin rumah Anda menjadi pusat perhatian. Selain itu, tambahkan pula tanaman hijau serta bebatuan alam untuk mendapatkan kesan natural.

Berikan pencahayaan alami dari sinar matahari pada rumah Anda dengan membuat banyaknya bukaan atau jendela di bagian depan rumah. Penggunaan jendela dan dinding kaca juga akan membuat ruangan menjadi lebih terang pada siang hari. Pencahayaan alami yang baik juga akan membuat rumah Anda terkesan lebih luas dan sirkulasi udara di dalam rumah menjadi semakin lancar.

Kamar tidur

Unsur kayu untuk kamar minimalis rumah tipe 60 (Sumber: chuckragantix.com)

Untuk kamar tidur, Anda bisa mendapatkan suasana yang nyaman dengan desain modern minimalis yang dinamis. Gunakanlah lantai kayu vynil untuk melahirkan kesan yang lebih hangat pada ruangan. Agar ruangan menjadi semakin selaras, gunakan pula material kayu pada meja, ranjang dan beberapa elemen dekoratif lainnya seperti bingkai foto, untuk suasana yang lebih menenangkan.

Untuk membuat ilusi ruangan yang lebih luas, Anda dapat menambahkan cermin besar yang berada di pintu lemari pakaian atau dinding kamar. Jangan lupa untuk selalu menambahkan jendela dengan ukuran yang cukup besar sebagai ventilasi ruangan.

Ruang tamu dan ruang keluarga

Warna natural untuk ruang tamu modern (Sumber: dekorrumah.net)

Untuk mendapatkan kesan modern pada interior ruang tamu, Anda dapat menggunakan sofa berwarna putih atau warna lembut lainnya. Meja dengan material besi atau kaca juga akan memberikan kesan modern yang kuat. Tambahkan pula karpet dengan warna yang selaras dengan warna dinding atau sofa yang digunakan. Anda juga dapat memberikan aksen dekorasi lain seperti hiasan dinding berupa pajangan foto-foto di dalam bingkai, kutipan inspiratif, hingga jam berbentuk unik. Hiasan dinding dapat memberikan kesan yang positif bagi para tamu yang datang ke rumah Anda.

Dapur dan ruang makan

Ruang tanpa sekat (Sumber: homify.co.id)

Pada rumah tipe 60, Anda dapat membuat desain ruang tamu dan dapur dalam satu area tanpa penggunaan sekat. Bahkan Anda juga dapat membuat ruang keluarga yang berada berdekatan dengan ruang makan. Ruangan yang tanpa sekat akan memberikan efek luas dan nyaman pada rumah Anda.

Ruang makan atau ruang keluarga kerap kali menjadi area berkumpul seluruh anggota keluarga. Jika Anda menempatkannya di dekat ruang makan, maka akan terasa semakin luas. Area ini sangat cocok dijadikan tempat berkumpul dan berkegiatan bersama anggota keluarga, seperti misalnya memasak atau makan malam bersama.

Tips lainnya

  1. Untuk rumah dengan bentuk bangunan persegi panjang, Anda dapat dengan mudah membagi ruangan sesuai dengan fungsinya. Misalnya untuk area carport yang mengambil area dalam rumah, buatlah akses dua pintu yang dapat diakses menuju ruang tamu dan dapur sekaligus.
  2. Lorong ruangan juga dapat difungsikan dengan meletakkan meja makan dan televisi.
  3. Agar rumah tipe 60 Anda terasa lebih lega, Anda boleh membaginya dengan membangun dua lantai. Buatlah lantai atas khusus untuk dua tempat tidur, satu ruangan keluarga dan kamar mandi. Sehingga lantai satu dapat digunakan untuk ruangan lain yang lebih luas.

Sebelum memulai denah untuk rumah tipe 60, jangan lupa untuk berdiskusi dengan seluruh anggota keluarga Anda mengenai ruangan apa saja yang harus dibuat. Pastikan setiap ruangan yang ada nantinya dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan tiap anggota keluarga dengan baik agar rumah terasa lebih hangat dan nyaman. Karena sejatinya setiap desain rumah yang dibuat harus mengikuti apa yang penghuninya butuhkan. Janganlah membuat sesuatu hanya karena gengsi atau mengikuti tren. Selamat membangun rumah impian Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *