5 Desain Rumah Tipe 45, Dijamin Bikin Betah

Saat ini, rumah yang kita tinggali bukan hanya menjadi tempat hunian semata melainkan sudah menjadi sebuah aksesoris dalam kehidupan sehari-hari penghuninya. Terbukti dari desain rumah yang semakin beragam untuk diterapkan pada semua gaya rumah, baik itu rumah mewah maupun rumah minimalis. Nah, rumah impian yang nyaman untuk Anda dan keluarga tidak melulu harus rumah yang besar dan luas lho. Anda juga dapat merasakan kenyamanan tinggal di sebuah rumah yang tidak terlalu besar, seperti dalam rumah tipe 45.

Rumah tipe 45 adalah tipe rumah yang mempunyai luas bangunan 45 m2, contohnya ukuran rumah seperti 6 m x 7,5 m atau 8 m x 5,6 m. Rumah tipe 45 ini biasanya dibangun di atas tanah seluas 96 m2. Maka, rumah tipe ini sering juga disebut dengan rumah tipe 45/96. Ruangan yang biasanya tersedia pada rumah tipe ini antara lain 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, carport, dan teras rumah yang lumayan luas.

Rumah tipe 45 (Sumber: dekoruma.com)

Ruangan yang tidak terlalu luas harus membuat pemiliknya pintar-pintar dalam menata ruang. Misalnya kamar tidur, mulai dari penempatan kasur, meja, lemari, dan barang lainnya. Halaman yang ada pada rumah tipe ini juga bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dengan pemilihan tanaman yang tidak terlalu besar, tetapi tetap bisa menciptakan suasana asri pada rumah.

Baca juga: Mengenal Arsitektur Kontemporer yang Dinamis

Ukurannya yang compact, membuat rumah tipe 45 tidak membutuhkan banyak perawatan. Daripada Anda bingung bagaimana caranya menyulap rumah tipe 45 menjadi sebuah rumah impian, yuk langsung kita lihat beberapa inspirasi desain berikut.

Permainan level

Permainan level (Sumber: interiordecodir.com)

Mempunyai rumah tipe 45 dengan lahan terbatas bukan berarti Anda tidak bisa menghadirkan ruang lapang dan nyaman lho. Meskipun hanya satu lantai, dengan permainan level pada ruang-ruang tertentu, rumah tipe 45 Anda dapat terlihat lebih megah pada bagian eksterior, dan lebih luas untuk bagian interiornya.

Salah satu cara yang dapat Anda terapkan adalah meninggikan ceiling dari rumah tipe 45 pada ruang-ruang seperti ruang keluarga, ruang makan, atau ruang dapur. Tidak hanya memberikan efek ruangan yang lebih luas, ceiling yang tinggi juga akan membuat sirkulasi udara pada rumah tipe 45 menjadi lebih baik. Cara ini akan membantu membuat rumah tipe 45 tetap nyaman walaupun memiliki lahan dan ruang yang terbatas.

Memaksimalkan bukaan

Maksimalkan bukaan (Sumber: youtube.com)

Selain meninggikan ceiling, hal sederhana lain yang dapat Anda lakukan untuk membuat sirkulasi udara lebih baik adalah dengan memaksimalkan bukaan yang ada pada rumah. Bukaan yang baik dan maksimal akan membantu pencahayaan alami pada rumah. Pencahayaan yang baik akan membuat ruangan menjadi terkesan lebih lapang.

Selain cahaya, bukaan pada rumah tipe 45 akan membantu rumah menjadi terasa lebih luas dan lebih segar lho. Jadi, jangan ragu untuk memaksimalkan ukuran jendela atau Anda juga dapat menggunakan pintu jendela yang tembus pandang. Jika diperlukan, tambahkan pula skylight pada ruang-ruang tertentu untuk memaksimalkan bukaan.

Ruangan yang menyatu

Ruangan yang menyatu (Sumber: newenergyworks.com)

Salah satu keuntungan yang dapat Anda rasakan dengan memiliki rumah tipe 45 adalah suasana kekeluargaan yang lebih kental dan hangat karena terbatasnya lahan. Nah, keuntungan ini dapat Anda maksimalkan dengan meminimalisir sekat atau pembatas ruang dan buat area-area publik dalam rumah menyatu tanpa sekat. Seperti ruang keluarga yang menyatu dengan ruang makan serta dapur. Menggunakan sekat ruangan yang dapat dipindahkan juga merupakan pilihan yang dapat Anda coba.

Tidak hanya membuat aktivitas di dalam rumah tipe 45 menjadi lebih dekat, pengurangan sekat juga akan membantu rumah tipe ini menjadi terkesan lebih lapang. Hilangnya sekat ruangan dan dinding juga akan membantu pergerakan udara serta pencahayaan yang lebih baik.

Aplikasikan warna-warna terang

Warna yang colorful (Sumber: myfancyhouse.com)

Memilih serta mengaplikasikan warna-warna favorit pada rumah tipe 45 Anda tentu menjadi hal yang sah-sah saja. Namun, kesalahan dalam pemilihan warna interior dan eksterior rumah akan membuat rumah Anda yang sudah mungil, terasa menjadi semakin sempit. Pilihlah warna favorit Anda dalam tone warna yang lebih terang sehingga rumah tipe 45 tetap terasa nyaman dan lapang.

Anda dapat menggunakan warna putih untuk bagian interior ruangan. Atau dapat pula dipadukan dengan warna hitam sebagai elemen dekoratifnya. Sifatnya yang kontras akan membuat warna hitam tetap menonjol pada rumah tipe 45, namun tidak akan membuat rumah terkesan gelap. Untuk menciptakan warna pada rumah tipe 45 yang tidak membosankan, Anda juga dapat memilih warna gradasi.

Ciptakan gaya mewah

Sentuhan mewah (Sumber: trincheracreativa.com)

Walaupun lahan dan ruangan yang Anda miliki terbatas, bukan berarti Anda tidak bisa menjadikan rumah tipe 45 menjadi sebuah hunian yang mewah. Ada beberapa material yang dapat dijadikan pilihan agar rumah tipe 45 terkesan mewah namun tidak sesak. Seperti salah satunya penggunaan panel cermin dan kristal pada interior ruang. Unsur interior ini tidak hanya membuat rumah tipe 45 terkesan lebih mewah, namun kedua material ini akan membantu rumah menjadi lebih terang dan sifat reflektifnya akan membuat ruangan terasa lebih luas.

Baca juga: Yuk, Kenali Jenis Sofa Ruang Tamu yang Cocok dengan Desain Interior

Anda juga dapat menggunakan batu alam seperti marmer atau onyx untuk memberikan kesan yang lebih mewah. Namun, perlu diingat untuk memilih batu dengan urat yang tidak terlalu banyak, kontas, dan abstrak sehingga tetap terlihat nyaman saat diaplikasikan pada rumah tipe 45.

Apapun desain yang Anda pilih, pastikan dapat memberikan kenyamanan pada seluruh penghuni rumah. Jangan sampai menggunakan desain yang terlalu banyak sehingga membuat ruangan terkesan sesak dan kotor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *