Desain Interior Mewah untuk Rumah Tipe 36

Tipe rumah yang dipasarkan pada sebuah perumahan biasanya diberi nama berdasarkan luas tanah dan tipe bangunan rumah. Namun, ada pula beberapa pengembang perumahan yang memberi nama tipe rumah dengan nama-nama lain seperti dengan nama benda, nama bunga, nama planet, dan nama lain sesuai selera serta trik pemasaran dari pengembang tersebut.

Nah, salah satu rumah tinggal yang paling diminati oleh masyarakat adalah rumah tinggal sederhana. Rumah tinggal sederhana adalah tempat tinggal (biasanya berlantai satu) yang dapat berfungsi sebagai tempat berlindung dan bernaung dari keadaan alam di sekitarnya. Rumah sederhana tidak mengandung unsur-unsur kemewahan, tetapi tetap tidak mengeyampingkan keindahan atau estetika bangunan.

Terdapat tiga tipe rumah yang digolongkan ke dalam rumah sederhana, yaitu tipe 36, 45, dan 60. Kali ini kita akan membahas mengenai rumah tipe 36 terlebih dahulu.

Teras rumah tipe 36 (Sumber: dekoruma.com)

Rumah tipe 36 merupakan rumah yang mempunyai luas bangunan 36 m2. Contohnya adalah sebuah rumah dengan ukuran 6m x 6m = 36 m2. Rumah tipe 36 ini dapat dibangun di atas tanah seluas 60 m2 atau 72 m2. Jadi biasanya rumah tipe ini disebut dengan rumah tipe 36/60 atau 36/72. Tipe rumah 36 biasanya mempunyai 2 kamar tidur, 1 ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, dapur, dan 1 kamar mandi. Rumah tipe 36 cocok untuk Anda yang sudah memiliki anak, tetapi menginginkan rumah yang tidak terlalu besar.

Luas dari rumah tipe 36 yang cukup terbatas membuat pemiliknya harus pintar-pintar menata ruang dan menambahkan beberapa ornamen agar ruangan tidak terlihat sempit. Hal ini dapat dimulai dari pemilihan barang-barang yang disimpan pada ruangan. Contohnya adalah pemilihan kursi. Pilihlah kursi atau meja yang tidak membuat ruangan menjadi semakin sempit, namun tetap dapat berfungsi dengan baik.

Desain interior untuk rumah tipe 36 tentu tidak akan memiliki visualisasi interior yang sama mewahnya dengan rumah-rumah tipe besar atau mewah lainnya. Namun, dengan kreatifitas dan imajinasi serta pemasangan elemen-elemen dekoratif dan pilihan furnitur yang tepat dapat membuat tampilan rumah tipe 36 menjadi tidak kalah mengagumkan dengan rumah mewah lainnya. Seperti apa ide desain interior yang tepat untuk rumah tipe 36? Yuk, kita cari tahu.

Model desain layout rumah tipe 36

Denah rumah tipe 36 (Sumber: blogspot.co.id)

Satu hal yang memang tidak dapat kita pungkiri adalah rumah tipe 36 akan membuat para penghuninya sedikit sulit untuk bergerak. Namun, ruang yang sempit harus dapat diakali dengan cermat agar ruangan yang ada dapat dimanfaatkan dengan baik dan maksimal. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan menempatkan barang atau furnitur yang dapat digunakan secara multifungsi. Untuk desain layout rumah tipe 36 biasanya akan terdiri dari ruang tamu, dua kamar tidur, satu kamar mandi, dapur, dan garasi. Meskipun cenderung terlihat sempit, Anda tentu dapat mencari celah agar rumah tipe 36 dapat tetap terlihat luas dan rapi.

Desain ruang tamu

Ruang tamu rumah tipe 36 (Sumber: blogspot.com)

Untuk ruang tamu rumah tipe 36, Anda dituntut untuk pandai-pandai dalam menata interiornya. Apalagi ruang tamu merupakan wajah dari sebuah rumah karena letaknya yang biasanya di bagian depan rumah. Nah, dalam menata ruang tamu di rumah tipe 36, Anda dapat memulainya dengan memilih sofa yang tidak terlalu besar namun cukup untuk diduduki tiga orang. Selain itu, pilihlah warna sofa yang natural seperti krem atau abu-abu agar ruangan tetap terlihat luas dan bersih.

Desain ruang tidur

Kamar rumah tipe 36 (Sumber: autour-de-la-ruche.com)

Satu ruangan yang paling penting dalam sebuah rumah tentunya adalah kamar tidur. Di dalam rumah tipe 36, ruang tidur haruslah mendapatkan perhatian yang lebih, apalagi kamar tidur merupakan tempat untuk Anda dan keluarga beristirahat dan melepas penat seharian. Jadi, jangan biarkan kamar tidur Anda tidak tertata rapih dan malah terlihat sempit. Hal ini tentu akan mengurangi kenyamanan Anda dalam beristirahat.

Ruang tidur yang nyaman dapat diwujudkan dengan memilih kasur yang tepat, dipadu dengan side table serta lampu dengan pencahayaan yang pas. Sama seperti prinsip yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa untuk menata ruangan pada rumah tipe 36, Anda harus bisa pintar-pintar dalam mendekorasi kamar. Anda dapat memanfaatkan ruang di bawah tempat tidur untuk menyimpan barang, pasanglah televisi di dinding agar tidak memakan ruangan kamar, dan terakhir Anda dapat menambahkan cermin yang besar untuk membuat ilusi ruangan yang lebih besar.

Desain dapur

Dapur rumah tipe 36 (Sumber: imaniadesain.com)

Selain dari aspek kebersihan, keindahan dapur pada rumah tipe 36 juga mesti tetap diperhatikan. Desain dapur dapat dimulai dengan penggunaan warna furnitur atau deretan kabinet dengan warna-warna yang sepadan. Hindarilah penggunaan banyak warna yang bertabrakan karena akan membuat ruangan semakin sempit. Anda dapat menggunakan furnitur dapur berbahan kayu atau stainless agar lebih mudah dibersihkan.

Baca juga: 10 Ide Taman Minimalis di Lahan Terbatas oleh Greenwood

Desain kamar mandi

Kamar mandi rumah tipe 36 (Sumber: designrumah.co.id)

Meskipun kamar mandi biasanya terletak di belakang atau tersembunyi, bukan berarti Anda dapat mengabaikan desainnya. Pertama tentukan terlebih dahulu kamar mandi seperti apa yang Anda inginkan, apakah kamar mandi kering atau basah, dengan bak mandi, shower, atau menggunakan bathtub. Yang jelas, haruslah disesuaikan dengan ukuran kamar mandi. Untuk menghemat ruang Anda juga dapat menggunakan pintu geser dibandingkan pintu biasa untuk kamar mandi.

Tentukan warna yang tepat

Warna rumah tipe 36 (Sumber: rumahkuunik.com)

Salah satu hal yang paling esensial dalam menghidupkan sebuah rumah adalah dengan menentukan warna dari interior serta eksterior rumah. Karena rumah tipe 36 cenderung sempit, menggunakan warna-warna monokrom akan membuat rumah terasa lebih luas. Warna yang dipilih juga harus sesuai dengan perabot di dalam rumah. Anda juga dapat bermain dengan warna gelap agar desain interior terlihat lebih elegan.

Mudah bukan membuat rumah tipe 36 terlihat tetap mewah dan luas? Jangan sampai Anda menambahkan terlalu banyak elemen dekorasi sehingga rumah terlihat sempit ya. Selamat mencoba!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *