4 Gaya Desain Terbaik Untuk Rumah Idaman Anda Paling Rekomen

Rumah merupakan salah satu hal yang paling diinginkan oleh setiap orang, baik yang sudah berkeluarga ataupun yang belum berkeluarga. Walaupun banyak anak muda masa kini yang lebih memilih tinggal di apartemen tengah kota, rumah tetap menjadi hunian impian untuk dimiliki. Selain menjadi tempat berkumpul dengan keluarga, rumah juga dapat menjadi tolak ukur yang menunjukkan status sosial seseorang.

Rumah idaman seharusnya tidak hanya tampak indah dari luar saja, tetapi juga mempunyai desain dan ruangan-ruangan yang lengkap dan tentunya memberikan kenyamanan bagi penghuninya. Karena kenyamanan tentu saja adalah faktor utama dari sebuah hunian. Rumah juga seharusnya mendapatkan sirkulasi udara dan cahaya yang cukup sehingga membuat rumah menjadi terang, sehat, dan tidak lembap.

Desain rumah minimalis (Sumber: houzz.com)

Nah, apakah Anda sedang berniat membangun atau membeli rumah? Pertama-tama pastikan dulu jika rumah tersebut sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda. Buatlah daftar ruangan apa saja yang Anda butuhkan pada rumah. Pastikan daftarnya lengkap dan tidak ada yang terlewat untuk menghindari renovasi atau perombakan di kemudian hari.

Setelah Anda mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk rumah, sekarang saatnya memilih desain arsitektur gaya apa yang akan Anda gunakan. Berikut adalah beberapa desain arsitektur yang paling digemari.

1. Rumah bergaya klasik

Desain rumah klasik sering merujuk pada desain rumah yang memiliki hubungan kuat dengan arsitektur klasik Yunani. Desain rumah klasik memiliki ciri khas detail yang rumit pada fasad, pintu masuk, jendela, dan atap. Detail lain yang mungkin Anda temukan seperti coffered plafond (panel cekung di langit-langit), atau jendela yang dibingkai dengan detail molding.

Rumah klasik (Sumber: blogspot.co.id)

Elemen kunci rumah bergaya klasik

  • Kolom tinggi dan pedimen. Model kuil kuno Yunani, dengan deretan kolom yang tinggi dan pedimen, bagian depan berbentuk segitiga yang berada di bawah atap, merupakan dua karakteristik yang paling khas dari gaya desain rumah bersejarah ini.
  • Teras bertingkat dua. Teras-teras dominan ini didukung oleh kolom-kolom Tuscan dengan balkon lantai dua dan langkan yang menyatu ke dalam kolom.
  • Simetri dan proporsi. Komposisi berulang, namun tetap simetris melalui bukaan jendela dan pintu, serta ornamen.
  • Molding. Lebih rumit dan berani, molding terdapat di sepanjang interior dan eksterior rumah.
  • Detail ornamen. Model rumah klasik mewah bisa menambahkan detail lebih rumit seperti pada cornice.

2. Rumah minimalis

Rumah minimalis (Sumber: homedsgn.com)

Rumah dengan gaya minimalis memiliki desain yang sederhana, rapi, dan juga elegan. Desain minimalis di sini itu berarti memiliki ciri khas bentuk geometri yang terkesan rapi dan tidak kumuh, seperti persegi atau trapesium. Standar dari desain rumah idaman minimalis yaitu setiap ruangan dibuat lebar dan luas. Anda dapat membuat rumah minimalis dengan satu atau dua lantai sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga.

Interior rumah minimalis (Sumber: freshome.com)

Rumah minimalis satu lantai dapat menjadi pilihan untuk Anda dengan keluarga kecil atau yang belum berkeluarga. Meskipun hanya satu lantai, rumah tetap dapat terlihat cantik dengan desain yang modern. Nah, untuk membuat rumah minimalis berlantai satu terlihat lebih elegan dan berkelas, Anda dapat membuat bangunan lebih tinggi. Buat juga ukuran jendela yang besar untuk memberikan kesan luas serta pencahayaan yang lebih baik.

Untuk rumah minimalis lantai dua cocok untuk Anda yang mempunyai keluarga besar dan membutuhkan ruang yang cukup banyak untuk menunjang kehidupan keluarga Anda. Jika mempunyai lahan lebih yang cukup luas, Anda juga dapat menambahkan kolam renang pada halaman rumah.

3. Desain rumah bergaya Scandinavian

Desain rumah Scandinavian (Sumber: freshome.com)

Desain Scandinavian identik dengan unsur alam yang dimasukkan ke dalam rumah sebanyak mungkin. Interior Scandinavian mencerminkan hal ini dengan menambahkan banyak tanaman alami dan penggunaan berbagai furnitur dari bahan kayu. Selain itu, kebanyakan model rumah Scandinavian memiliki semacam balkon agar penghuni rumah dapat menikmati pemandangan alam.

Keindahan arsitektur dan desain Scandinavian terletak pada kesederhanaannya. Tidak banyak detail atau ornamen yang berlebihan, tidak penting, atau tidak bermanfaat pada desain rumah. Gaya desain ini merupakan komposisi sederhana dari garis bersih, bentuk dasar, dan warna-warni solid. Pencahayaan alami juga sangat penting untuk desain Scandinavian. Oleh karena itu, penggunaan jendela keca berukuran besar tanpa blind atau gorden dianjurkan.

Desain interior Scandinavian (Sumber: decoholic.org)

Interior Scandinavian memiliki kesan putih dan terang, baik dinding, lantai, langit-langit, serta komponen arsitektural lainnya. Seluruh bagian rumah memaksimalkan nuansa cahaya alami. Selain itu, tata letak ruang terbuka dan tanpa sekat membuat rumah terlihat dan terasa lebih terang dan cerah. Meskipun tema Scandinavian memaksimalkan pencahayaan alami, tata lampu juga penting dan patut dipertimbangkan lho. Tata lampu yang unik dan fantastis dapat berfungsi sebagai ornamen.

4. Desain rumah bergaya country

Rumah bergaya desain country (Sumber: pinterest.com)

Desain rumah bergaya arsitektur country adalah rumah yang merefleksikan suasana pedesaan yang dekat dengan alam. Ada tiga elemen utama yang diaplikasikan pada rumah bergaya country, yaitu elemen pencahayaan, elemen udara, dan elemen bahan baku yang digunakan untuk membangun rumah.

Pencahayaan pada rumah-rumah bergaya country bersumber pada cahaya alami dari cahaya matahari. Sirkulasi udara juga mengandalkan sirkulasi udara dari alam. Sedangkan untuk bahan baku sendiri, umumnya berupa kayu dan batu alam.

Setelah mengetahui beberapa gaya desain rumah terbaik tadi, tentu Anda telah mendapatkan inspirasi mengenai gaya desain apa yang paling cocok untuk rumah idaman Anda. Hal yang terpenting adalah rumah idaman haruslah sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Jadi, sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan arsitek untuk merancang bangunan. Jadi, gaya desain apa yang akan Anda pilih?

Ssssst… ngomong-ngomong soal rumah, sudah cek produk Greenwood? [Klik produk bagus]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *