10 Desain Ruang Tamu Minimalis untuk Lahan Sempit

Rumah kecil biasanya mempunyai luas ruang tamu yang tidak terlalu besar. Nah, dengan ruangan yang terbatas diperlukan desain yang cerdas agar semua ruang yang tersedia dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Terutama desain ruang tamu. Walaupun Anda tinggal di rumah yang tidak terlalu luas, ruang tamu adalah tempat dimana Anda akan bersantai, menikmati malam dengan keluarga atau membaca buku di kursi yang nyaman. Salah satu desain yang dapat Anda gunakan untuk ruang tamu yang tidak terlalu luas adalah desain minimalis. Dengan prinsipnya yaitu “Less is More”, desain ruang tamu minimalis dapat menghilangkan elemen-elemen yang sebenarnya tidak penting dan lebih mengutamakan fungsi tanpa meninggalkan penampilan.

Gaya desain minimalis dengan garis dan struktur yang jelas, serta pilihan perabot yang dipilih dengan tepat, Anda tidak akan membutuhkan banyak ruang untuk mendapatkan sebuah ruang tamu yang indah dan nyaman. Untuk menginspirasi Anda dalam menentukan desain ruang tamu minimalis, berikut adalah beberapa inspirasi desain ruang tamu minimalis favorit.

Warna putih mencolok dan warna tanah

Warna putih dan tanah (Sumber: creativehomex.com)

Ruang tamu yang menggunakan warna putih dan warna tanah akan memberikan perpaduan menarik antara gaya pedesaan dan modern. Perpaduan ini juga akan memberikan sebuah unit yang elegan. Warna tanah klasik seperti abu-abu juga dapat terlihat indah jika dikombinasikan dengan nuansa warna seperti putih dan krem. Anda juga dapat menambahkan elemen kayu untuk memberikan kesan natural dan alam pada ruangan.

Baca juga: 10 Tips Desain Kamar Mandi Minimalis

Dominasi warna putih

Dominasi warna putih (Sumber: beres.id)

Putih merupakan warna klasik yang abadi dan cocok untuk digunakan pada semua gaya terutama gaya minimalis. Ruang tamu yang menggunakan warna putih juga dapat memberikan kesan keren, natural, dan bersih pada ruangan. Anda tinggal menambahkan beberapa bantal dan gambar warna-warni untuk menambahkan sedikit aksen agar ruangan tidak terlalu polos. Pasti ruang tamu Anda jadi elegan dan nyaman.

Hitam dan abu

Hitam dan Abu (Sumber: gonzale.net)

Untuk Anda yang menyukai gaya desain maskulin atau futuristik, warna yang satu ini adalah pilihan yang paling tepat untuk Anda. Tambahkan sofa serta karpet berwarna abu-abu untuk semakin menonjolkan kesan maskulin pada ruang tamu Anda. Berikan pula dekorasi lampu gantung berwarna silver atau emas untuk menjadikan ruang tamu Anda sebagai pusat perhatian.

Modernitas sederhana

Modernitas (Sumber: dekoruma.com)

Desain minimalis selalu identik dengan modernitas. Kesederhanaan dari desain ruang tamu minimalis karya Josephine Ekstorm, seorang desainer asal Swedia ini berhasil menciptakan nuansa yang nyaman dan menenangkan. Warna-warna netral seperti putih, krem, cokelat, dan hitam seolah berhasil melebur dengan seirama. Anda juga dapat memanfaatkan material tekstil untuk membuat siapa saja ingin bermalas-malasan di ruang tamu minimalis Anda. Tambahkan pula furnitur seperti lampu meja untuk membaca dan meja bundar kecil untuk mempertajam citra modernitas pada ruang tamu Anda.

Gunakan sofa matras

Sofa matras (Sumber: informa.co.id)

Sofa berkaki memang lebih sering diaplikasikan untuk ruang tamu dan lebih populer ketimbang sofa matras. Namun, untuk desain ruang tamu minimalis yang tidak mempunyai banyak ruang tidak ada salahnya mencoba sofa matras sebagai dekorasi utama desain ruang tamu. Selain desainnya yang indah, sofa matras tidak memakan banyak tempat dan tidak sulit untuk memadu padankannya dengan elemen desain lainnya. Anda juga dapat menambahkan karpet bermotif dan lukisan kontemporer pada desain ruang tamu minimalis untuk menjadikannya perpaduan yang sederhana namun syarat dengan nilai estetika.

Desain klasik minimalis

Klasik minimalis (Sumber: cynthiavardhan.com)

Elemen-elemen klasik yang ditata dengan tepat dapat menciptakan kesan modern untuk desain ruang tamu minimalis Anda. Anda dapat menggabungkan beberapa elemen desain klasik ke dalam ruang tamu minimalis, seperti bantal bermotif floral, lukisan tua, dan pot bunga. Karpet lantai berbentuk bulat dengan warna tekstil cokelat dan kaki meja berbentuk kerangka kayu menghidupkan kesan modern minimalis yang sebenarnya merupakan elemen-elemen interior klasik.

Elemen kayu solid

Kayu solid (Sumber: upholsteryaccentchairs.com)

Elemen kayu solid yang terkesan raw dan kasar ternyata dapat diolah menjadi furnitur dan dekorasi untuk desain ruang tamu minimalis. Kursi sofa dengan framing kayu solid dengan rotan sebagai pengikat dapat memberikan tampilan minimalis dan bersih pada ruang tamu. Keranjang rotan sebagai tempat menyimpan bantal di ruang tamu juga dapat menjadi dekorasi yang cantik dan fungsional untuk ruang tamu.

Monokrom

Monokrom (Sumber: dekoruma.com)

Hitam dan putih merupakan warna dasar dan perpaduan antara kedua warna ini akan menciptakan kesan rumah minimalis modern yang elegan dan mewah. Dengan furnitur meja bundar berwarna hitam dan kursi sofa berwarna putih krem, akan membuat desain ruang tamu minimalis Anda tampak sederhana namun tetap elegan. Unsur monokrom dapat Anda aplikasikan pada tirai bermotif hitam putih. Lampu hias gantung dengan material tembaga yang dibalut dengan warna hitam doff juga akan mempercantik desain ruang tamu minimalis.

Kayu dan putih

Putih dan kayu (Sumber: cindywoo.com)

Jika Anda menginginkan suasana yang benar-benar elegan, Anda dapat mencampurkan kayu terang dengan warna putih cerah. Perpaduan ini akan membuat ruangan Anda benar-benar memberikan kesan yang lebih besar pada ruangan sempit serta lebih bergaya.

Wallpaper

Wallpaper (Sumber: rumahkuunik.com)

Wallpaper adalah cara yang paling mudah dan tepat untuk memberikan ruangan dengan aksen minimalis yang efektif. Pilihlah desain atau motif wallpaper yang tidak mempunyai banyak corak agar ruang tamu tidak terlihat sempit. Anda juga harus lebih kreatif dalam membuat kontras untuk mengurangi desain dalam ruangan.

Rumah kecil memang memiliki keterbatasan ruang untuk desain interior, namun desain minimalis untuk ruang tamu sebagai desain interior dapat menciptakan kesan mewah dan elegan. Ingat ya prinsip dari desain minimalis yaitu “Less is More”. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *