6 Tema Pagar Kayu untuk Tampilan Rumah yang Natural

Pagar adalah salah satu bagian dari desain rumah yang tidak pernah ketinggalan untuk dijadikan fokus perhatian. Selain berperan dalam memberikan rasa aman dan kenyamanan bagi pemilik rumah, pagar juga dapat menambah keindahan serta estetika rumah. Dari segi bahan dan desain, banyak sekali material yang dapat digunakan untuk membuat pagar. Selain dari besi, kayu juga merupakan salah satu material pagar yang sering dijadikan pilihan oleh pemilik rumah.

Selain fungsinya untuk melindungi rumah dari masuknya bahaya, pagar kayu juga memiliki nilai estetika dan daya tahan yang tinggi. Pagar berbahan kayu dapat memberikan kesan minimalis dan natural pada rumah. Pagar yang sedang menjadi tren saat ini adalah pagar kayu minimalis. Pagar kayu minimalis sendiri adalah pagar yang dikombinasikan dengan besi agar lebih kuat.

Pagar kayu (Sumber: fotorumahidaman.com)

Keuntungan Pagar Kayu

  • Kayu memiliki kekuatan utama pada tampilannya yang alami dan hangat serta karakternya yang memang mudah dibentuk.
  • Pagar kayu sangat cocok digunakan untuk lokasi rumah yang berada di iklim kering dan hangat, karena lebih mudah dirawat.
  • Pagar kayu cocok untuk Anda yang senang dengan kesan natural. Kayu dapat menguatkan kesan tradisional dalam rumah karena tekstur alaminya yang khas.
  • Pagar kayu biasanya mudah dirawat dan diperbaiki dengan peralatan rumah tangga biasa saat terjadi masalah.
  • Memberikan privasi yang tinggi, karena biasanya dibuat tanpa rongga.

Kekurangan Pagar Kayu

  • Pagar yang terbuat dari kayu biasanya mudah kusam, keropos, dan lapuk.
  • Tidak dianjurkan untuk rumah yang berada di iklim lembap dan curah hujan tinggi. Pada iklim seperti ini pagar yang berbahan dasar kayu akan mudah rapuh, sehingga Anda perlu mengelurakan waktu serta biaya tambahan untuk perawatannya.
  • Tingkat keamanan pagar kayu lebih rendah dibandingkan dengan pagar besi.

Berbagai model pagar kayu (Sumber: rumahdiy.com)

Jenis Kayu untuk Pagar

Berikut adalah beberapa jenis kayu dengan ketahanan yang baik, yang dapat Anda gunakan untuk pagar rumah:

  1. Kayu jati
  2. Kayu kamper
  3. Kayu oak
  4. Kayu merbau
  5. Kayu eboni
  6. Kayu kapur
  7. Kayu angkirai
  8. Kayu giam
  9. Kayu balau
  10. Kayu ulin
  11. Bambu

Inspirasi Desain Pagar Kayu

  1. Kombinasi pagar kayu dengan kaca

Pagar kayu dan kaca (Sumber: arsitag.com)

Kombinasi dari pagar kayu ini memang cukup unik dan mungkin masih jarang kita temukan. Namun, paduan antara pagar kayu dengan elemen kaca dapat memberikan kesan yang berbeda pada rumah. Aplikasi kaca yang transparan banyak digunakan untuk menghilangkan kesan “dingin” yang biasanya ada pada pagar kayu. Selain memberikan sedikit penglihatan tentang apa yang ada di belakang pagar, penambahan kaca pada pagar kayu juga memberikan ruang untuk masuknya cahaya. Dengan begitu, kondisi rumah di belakang pagar juga lebih cerah dan tidak suram.

  1. Pagar kayu rendah

Pagar kayu rendah (Sumber: domesticfashionista.com)

Pagar kayu yang rendah lebih berfungsi untuk menambah estetika rumah dibandingkan dengan fungsi utama pagar untuk proteksi dari ancaman luar. Nah, pagar kayu yang rendah biasanya digunakan pada kompleks perumahan dengan tingkat keamanan yang cukup tinggi, seperti adanya sekuriti dan pos penjagaan. Selain itu, pagar kayu rendah juga memungkinkan Anda untuk berkreasi lebih bebas seperti menyusun potongan yang berbeda ukuran dan penataan.

  1. Pagar kayu dengan bingkai besi hitam

Pagar kayu berbingkai besi hitam (Sumber: rumahdiy.com)

Susunan pagar kayu dengan bentuk vertikal yang dibingkai dengan besi hitam termasuk jenis pagar kayu yang paling sering digunakan. Desain pagar kayu ini juga tidak terlalu berat atau tinggi hingga rumah terlihat semakin cantik dan elegan.

Baca juga: Jenis Lantai Kayu Beserta Plus Minus Penggunaannya, Yuk Kenali!

  1. Pagar kayu motif ulir dari besi

Pagar kayu dengan besi ulir (Sumber: desainrumahterbaik.co)

Bosan dengan desain pagar kayu yang itu-itu saja dan monoton? Dengan memadukan kreasi motif besi ulir dan pagar kayu, Anda akan mendapatkan tampilan pagar yang lebih modern tanpa terlihat berlebihan. Dominasi kayu juga tetap terlihat pada pagar jenis ini, sehingga pagar kayu terlihat lebih unik dan berbeda.

  1. Pagar kayu single untuk pintu samping

Pagar single (Sumber: dekoruma.com)

Tidak hanya untuk pagar utama atau halaman depan rumah saja, pagar kayu juga bisa digunakan untuk pintu samping yang tidak terlalu besar. Pintu samping yang menggunakan pagar kayu berukuran single dapat membuat eksterior rumah terlihat lebih mewah. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan susunan rongga kayu agar tidak terlalu rapat, sehingga penghuni masih bisa melihat siapa pengunjung yang hendak bertamu.

  1. Pagar kayu bertema pedesaan

Pagar bertema pedesaan (Sumber: infodesainrumah.com)

Pagar kayu bertema pedesaan selalu berhasil memberikan kesan simple namun tetap modern. Ketinggian kayu ini juga tergolong sedang sehingga tetap dapat memberikan batasan antara halaman dan jalanan. Rongga antar kayu yang ada juga membuat pagar kayu ini memberikan kesan yang mewah namun tetap bersahabat. Jenis kayu ini juga tidak terlalu berat.

Pagar kayu (Sumber: palettesnquills.com)

Bahan untuk Membuat Pagar Kayu Minimalis Sendiri

Untuk menghemat biaya pembuatan pagar, Anda dapat membuat pagar kayu sendiri. Nah, cara membuatnya juga tergolong mudah. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

  • Jenis kayu pilihan seperlunya
  • Besi kotak atau Hollow (telah disesuaikan ukuranya)
  • Baut dianabol
  • Skrup
  • Bor tangan
  • Gergaji (untuk memotong)
  • Meteran
  • Cat Clean
  • Mesin las (menyatukan besi) akan tetapi bila tidak ada, maka Anda bisa memafaatkan mesin bor untuk menyatukan antara besi satu dengan besi yang lain.
  • Baut yang telah disesuaikan dengan bor (seperlunya)
  • Roda
  • Engsel
  • Ampelas

Itulah tadi pembahasan lengkap mengenai pagar kayu. Pagar kayu juga ternyata dapat didesain dengan cantik untuk mendukung tampilan eksterior rumah menjadi lebih indah. Sudah memutuskan akan menggunakan pagar kayu seperti apa?

Ssssst… ngomong-ngomong soal rumah, sudah cek produk Greenwood? [Klik produk bagus]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *