Ini Ide-ide untuk Berkreasi dengan Kolase Foto

Kolase foto. Bagi yang belum tahu, kata ‘kolase’ atau dalam bahasa Inggris ‘collage’ adalah dari bahasa Perancis, ‘coller’ yaitu menempel dengan lem. Istilah ini dipopulerkan oleh Pablo Picasso dan George Braque saat berkembangnya modern art pada abad 20 di Eropa. Sementara, teknik tempel menempel ini sebenarnya sudah dikenal jauh lebih dulu di Cina.

Singkatnya, kolase adalah seni visual menggabungkan foto-foto ke dalam satu frame, baik itu di atas kanvas, kertas karton, atau apapun. Yang digabungkan juga bisa bermacam-macam, misalnya foto-foto, klipping koran dan majalah, pita, kayu, tulisan, dan sebagainya sedemikian rupa, menjadi karya seni yang menarik.

Pada umumnya, foto kolase dibuat untuk momen-momen spesial seperti wedding, reuni, atau perayaan hubungan seperti persahabatan atau pernikahan. Dan seiring perkembangan teknologi, kolase foto atau yang dikenal dengan istilah ‘photomontage’ juga merambah media digital, yang bisa dikerjakan dengan program komputer seperti Photoshop. Di antara program tersebut, penggabungan gambar yang sudah tersusun bisa kamu cetak dan dipigura sesuai seleramu.

Buat kamu yang sudah terbiasa dengan berbagai kerajinan tangan, seni tempel menempel ini sudah tidak asing lagi, karena cukup luas pengembangan seni ini, seperti Decoupage. Buat yang belum, tidak ada salahnya mengembangkan kesukaan dalam seni kolase, dimulai dari foto-foto koleksi pribadimu. Cobalah teknik ini dengan media kertas, atau buat yang sudah biasa dengan media kertas, mencoba dengan teknologi digital sebagai variasi juga bagus. Menyukai hobi baru seperti gunting, lipat dan tempel tentu bukan hanya karena akan mendapat hasil yang unik, retro atau lucu saja, tapi sebagai aktivitas tangan dan pengalihan rasa monoton dari aktivitas sehari-hari. Caranya?

Kolase Foto dengan Kertas

Kolase Foto Kertas

Pertama, pilihlah sebuah tema. Untuk memulai, sebaiknya pilih tidak terlalu rumit tapi menurutmu cukup bagus. Untuk mendapat inspirasi tema, dengan mood yang kamu atur menyenangkan, kamu bisa melihat-lihat kreasi kolase foto yang sudah ada, yang bisa kamu temui di internet.

Lalu sebelum melakukan lem dan tempel, sebaiknya buat dahulu konsep idemu itu. Seperti membuat sketsa saat melukis, hanya yang kamu lakukan adalah menyusun letak foto-foto dan tambahan seperti tulisan, bahkan ornamen seperti kerang, pita, benang, perangko, bahkan tutup botol. Cukup secara garis besarnya saja. dan jangan terlalu berlebihan juga, tapi asahlah selera dan imajinasimu. Tidak harus langsung bagus, apalagi kalau ini kali pertamamu setelah lama tidak mengerjakan kerajinan tangan. Latih dirimu untuk tidak terobsesi menjadi perfeksionis.  

Baca jug : Keramik Lantai yang Berkualitas untuk Rumah Modern

Setelah menemukan formasi yang pas, baru sediakan berbagai material yang kamu perlukan seperti yang sudah terkonsep tadi. Seperti lembaran foto-foto koleksi, gambar-gambar dari majalah lama yang berkesan pop vintage, media seperti karton atau kertas buffalo – bisa warna hitam atau sesuai selera dan persediaan, atau bahkan bersihkan bagian dinding yang kamu ingin tempel, lem, pensil, spidol, gunting, dan benda-benda sebagai ornamen. Kumpulkan saja semua yang kira-kira bisa kamu manfaatkan, meskipun sepertinya optional. Frame foto yang sudah tidak terpakai juga mungkin nantinya bisa kamu manfaatkan.

Dalam mengerjakan kolase, mulailah dari latar belakang, lalu ke depan, hingga akhirnya ke detail yang terkecil. Gunakan lem putih untuk kertas, dan kerjakanlah dengan cepat dan usahakan tanpa distraksi. Tidak semua material yang dipasang harus simetris atau merata, karena tergantung seleramu dalam berkreasi.

Selesai mengerjakannya, biarkan kolase foto hasil karyamu mengering.

Kolase Foto digital

kolase foto digital

Bukan hanya penggiat IT dan penggemar fotografi saja, sekarang secara umum sudah banyak yang mencoba berkreasi membuat kolase foto secara digital baik melalui ponsel ataupun komputer. Kemajuan dan sosialisasi teknologi memang memacu kreativitas pengguna gadget, supaya koleksi foto mereka akan tampak lebih bervariasi.

Untuk membuat kolase secara digital, kamu tentu perlu tahu bagaimana cara kerja perangkat lunak yang akan kamu manfaatkan. Memang, ada beberapa software yang bisa kamu manfaatkan, seperti Photoshop, Photoscape dan Picasa, atau yang bisa dijalankan secara online, misalnya Canva.

Baca juga: 7 Pola Hiasan Dinding untuk Kamar Kos yang Lebih Asik

Untuk membuatnya, pertama kumpulkan dahulu gambar yang ingin kamu susun, yang masih tersimpan di media sosial, email, dan file komputer. Pilih foto yang kamu suka untuk kamu masukkan ke dalam kolase foto.

Kemudian pembuatannya pun diawali dari lapisan background. Tetapkan tema yang kamu suka, dengan background yang unik, seperti bentuk siluet love, kupu-kupu, lingkaran dan sebagainya, supaya kolase foto berkesan tidak kaku. Lalu gunakan filter dan berikan judul pada tiap kolase.

Klik ‘save’ setiap kali kamu sudah yakin dengan tahap yang baru kamu selesaikan, supaya kamu tidak kehilangan hasil tersebut.

Agar kolase foto tampak semakin menarik, tentu sah saja kalau kamu mencari ide-ide dari berbagai sumber seperti Pinterest. Kamupun bisa mencetak hasil kolase foto tersebut, atau menyimpan dan membagikannya melalui media sosial.

Semakin tinggi imajinasi dan pengetahuanmu mengenai penggunaan software, seperti photoshop, kamu bukan saja bisa mengedit tapi juga menciptakan tema dan ide sebuah kolase foto yang makin canggih. Seperti memadukan foto-foto dengan gambar dengan siluet yang lebih rumit, bahkan menghasilkan kolase foto yang dipadukan dengan selera surealisme.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *