Keramik Lantai yang Berkualitas untuk Rumah Modern

Apakah kamu memutuskan untuk memasang lantai keramik untuk rumah? Keramik lantai memang salah satu dari sekian elemen yang penting untuk dipikirkan. Dengan pemilihan seluruh material yang tepat kamu akan mendapatkan finishing dengan nilai estetis yang sangat bagus, yang tentunya membuat rumah menjadi hunian yang sangat nyaman dan membuat betah.

Adanya banyak pilihan tipe dan kwalitas lantai keramik ini memang memberikan banyak alternatif. Namun bukan hanya itu, kreativitas merancang rumah dengan budget dan hasil yang sesuai juga memerlukan pengetahuan berbagai info tentang ciri khas berbagai material demi terwujudnya rumah idaman.

Untuk itu, silakan cek ulasan kami mengenai jenis-jenis keramik lantai berikut ini!

Jenis-jenis Keramik Lantai

Di antara level kwalitas keramik lantai yang banyak ditawarkan, pastinya terdapat berbagai jenis keramik yang kamu butuhkan untuk menciptakan sebuah rumah yang ideal. Dikatakan ideal, karena pastinya pemilihan jenis keramik disesuaikan dengan lokasi dan maksud masing-masing. Seperti keramik untuk lantai kamar mandi, dapur, car port, tentu berbeda dengan keramik untuk kamar tidur dan ruang tamu.

Masing-masing jenis keramik itu juga disediakan berbagai kwalitas. Maka jangan heran ketika ditawarkan keramik dengan kwalitas nomor satu (KW 1), nomor 2 (KW 2) dan seterusnya. Dengan tetap memperhatikan kwalitas melalui fisiknya, sedikit banyak kamu bisa membandingkan kwalitas mana yang paling cocok. Karena semua kembali lagi kepada budget dan kepentingan mewujudkan rumah yang menyenangkan.

berikut ini beberapa jenis keramik yang sering digunakan dalam rancangan rumah idaman:

Keramik Biasa

Keramik jenis ini termasuk yang paling banyak bisa ditemukan di pasaran, bahkan di toko bangunan kecil sekalipun. Dibuat dari tanah liat  dengan cara dibakar, diberi glaze untuk mengkilapkan permukaannya, lalu dibakar kembali hingga keras dan kuat. Agar menambah nilai estetik, ada pula yang diberi listello atau inserto, lalu dibakar lagi. Keramik yang dibakar berkali-kali bisa mencapai kwalitas premium.

Keramik lantai biasa diproduksi dengan bermacam-macam ukuran, baik yang berbentuk bujursangkar, misalnya 20 cm x 20 cm, atau dengan bentuk persegi panjang 15 cm x 30 cm.

Keramik Teraso

Kamu bisa memanfaatkan keramik teraso untuk menghadirkan nuansa sederhana, tradisional dan juga klasik era 70-an. Yup, pada era itu, lantai teraso banyak digunakan. Bentuknya mirip dengan ubin tegel, cuma pada permukaannya diberi pelapis campuran marmer dan karang. Keramik dengan struktur keras ini dijual dalam beberapa ukuran, yaitu 20 cm x 20 cm, 40 cm x 40 cm,  dan 50 cm x 50 cm.

Kekurangan dari Teraso adalah pada pemasangannya yang agak lebih merepotkan, karena butuh pemolesan untuk mengkilapkan permukaannya. Pori-pori keramik teraso juga agak besar, sehingga perlu dibersihkan secara rutin karena mudah kotor.

Keramik Granit Alam dan Marmer

Dari coraknya, keramik granit alam dan marmer memberikan kesan mewah jika kamu menggunakannya pada lantai rumah, dinding, bahkan pada meja dapur atau kamar mandi. Namun bebatuan hasil tambang ini mempunyai pori-pori lebih besar, sehingga tetap membutuhkan perawatan khusus agar senantiasa bersih dan berkilau.

Memilih material granit alam atau marmer untuk lantai rumah pastinya banyak kelebihannya. Selain penampilan rumah tampak mewah, suhu di dalam rumah berlantai keramik marmer juga tetap dingin meskipun siang hari, terutama marmer. Maka sebenarnya keramik dari bebatuan alami ini sangat cocok untuk jadi pelapis lantai rumah di daerah tropis.

Tidak hanya itu, secara umum sifat keramik lantai dari granit alam dan marmer cukup kuat menahan furnitur yang cukup berat. Jadi untuk kamu yang memperlengkapi rumah dengan perabot berat seperti meja kayu jati, lemari dan sebagainya tidak perlu khawatir lantai akan hancur. Rumahmu justru tampak rapih dan awet dengan perawatan terus menerus.

Hanya saja, marmer atau granit memang cukup mahal dibandingkan dengan keramik lantai jenis lainnya, ditambah lagi pemasangannya yang lebih sulit.

Baca juga: Inspirasi Kitchen Set untuk Dapur Mungil

Keramik homogeneous tile

Bisa dikatakan, keramik jenis Homogeneous Tile adalah keramik yang dibuat dengan meniru bentuk batu granit alam maupun marmer secara fisik. Kelebihan dari keramik jeis ini adalah tersedianya motif yang beragam di pasaran. Baik motif polos maupun marmer dan granit. Dengan demikian, keramik jenis ini juga banyak diminati untuk berbagai konsep arsitektur rumah.

Sebelum Memilih…

Setelah mengetahui beberapa jenis keramik lantai yang paling banyak digunakan untuk perumahan, tentu masih ada yang perlu kamu lakukan agar memilih jenis lantai yang tepat untuk rumah idamanmu.

Permukaan dan Bahan Keramik

Agar kamu membeli keramik lantai dengan jumlah secukupnya, tentu kamu perlu memperhitungkan dan memperhatikan fungsi serta kebutuhan masing-masing ruangan dalam rumah. Contohnya, dapur, kamar mandi dan car port memerlukan permukaan lantai yang tidak terlalu licin. Terlebih untuk kamar mandi, yang butuh keramik tahan terhadap basah dan tidak licin.

Ukuran, Warna dan Motif Keramik

Untuk ukuran sebaiknya memang disesuaikan dengan luas ruangan. Semakin luas bisang keramik, maka ruangan akan tampak luas juga. Tetapi untuk ukuran ruangan yang mungil sebaiknya pilihlah ukuran keramik yang kecil pula agar tercipta kesan yang nyaman dilihat. Jangan lupa, selaraskan motif dan warna lantai dengan tema dan luas ruangan yang kamu pilih. Kesesuaian tema akan menciptakan harmonisasi yang menyamankan siapapun yang ada di dalam rumah.

Ssssst… ngomong-ngomong soal rumah, sudah cek produk Greenwood? [Klik produk bagus]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *