6 Trik Kamar Tidur Minimalis untuk Ruangan Sempit

Menata kamar tidur Anda bukan hanya mempertimbangkan aspek fungsionalitas semata, tetapi juga estetika, kenyamanan, dan relaksasi. Anda tentu ingin memiliki kamar tidur impian yang nyaman digunakan sebagai tempat pengasingan dari dunia luar dan bersantai sejenak tanpa ada gangguan. Karena kamar tidur yang ideal sudah seharusnya menjadi sumber kenyamanan bagi penghuninya sehingga Anda dapat bangun pagi dengan penuh energi dan segar kembali. Selain faktor kenyamanan, kamar tidur yang baik juga harus dilengkapi dengan tempat penyimpanan barang-barang pribadi.

Namun, tidak semua orang mempunyai kamar tidur yang cukup luas. Nah, untuk menciptakan kamar tidur yang mencakup semua fungsi dan tujuan yang Anda inginkan tentu menjadi tantangan tersendiri. Ruang tidur yang kecil bukan berarti Anda tidak mempunyai ruangan untuk kenyamanan dan keindahan lho. Banyak cara yang dapat diterapkan sehingga kamar tidur mungil Anda tetap bisa menyegarkan diri Anda dari keletihan, seperti misalnya dengan menggunakan gaya desain minimalis.

Penasaran ‘kan bagaimana caranya memaksimalkan kamar tidur mungil Anda dengan gaya minimalis yang sederhana tetapi tetap fungsional? Yuk, kita lihat inspirasi berikut.

Penggunaan unsur kayu dan warna netral

Minimalis dengan unsur kayu dan warna putih (Sumber: pinterest.com)

Inspirasi desain kamar tidur minimalis yang satu ini sangat mudah untuk diaplikasikan oleh siapa saja, tanpa melihat batasan usia ataupun jenis kelamin. Hal ini dikarenakan unsur kayu yang mendominasi ruang kamar tidur dari lantai hingga ke furnitur utama akan memberikan efek sejuk pada ruangan. Elemen kayu juga bisa memberikan nuansa lembut yang penting untuk menciptakan ruang yang terasa lebih lapang.

Baca juga: 5 Desain Rumah Tipe 45, Dijamin Bikin Betah

Untuk bagian furnitur kamar, Anda dapat menggunakan warna netral seperti putih. Gunakan warna putih pada furnitur utama, seperti kasur tempat tidur atau rak dinding. Desain kamar tidur yang sederhana ini akan lebih efektif jika ditunjang dengan sebuah jendela kamar yang walaupun tidak terlalu besar, tetapi dapat memberikan suasana yang segar dan santai.

Dekorasi dinding yang kreatif

Dinding dengan efek 3D (Sumber: huffingtonpost.com)

Mendekorasi dinding kamar tidur dapat menjadi pekerjaan yang menyenangkan bagi tiap pemilik rumah. Namun, pada kamar tidur ukuran kecil, upaya itu akan menjadi lebih maksimal jika Anda dapat menonjolkan karakteristik ruangan dan berfokus pada fitur desain, bukan pada segi ukuran yang terbatas.

Baca juga : Mengenal Arsitektur Kontemporer yang Dinamis

Anda dapat mencari berbagai macam ide menarik untuk desain dinding yang kreatif dengan bermain komposisi warna, komposisi skala, tekstur, bentuk, atau lainnya. Lukisan pada dinding atau mural, permainan warna cat, atau bahkan wallpaper dapat menjadi solusi untuk menghemat biaya. Menciptakan dinding galeri foto pada kamar tidur juga dapat menjadi cara untuk menambahkan sentuhan pribadi pada kamar Anda.

Memaksimalkan ceiling atau atap kamar

Maksimalkan ceiling (Sumber: homelovr.com)

Meskipun kamar tidur kecil memiliki ruang yang cukup terbatas, Anda dapat memaksimalkan satu bagian yang sering diabaikan banyak orang, yaitu plafon atau langit-langit kamar. Bagian ini adalah bagian ruang yang bagus unutk menyatukan semua elemen arsitektur dan menegaskan eksistensi sebuah ruangan. Anggaplah plafon sebagai kanvas bersih yang siap kita optimalkan dengan berbagai pilihan interior yang menarik.

Jika Anda mempunyai plafon kamar yang cukup tinggi, Anda dapat memanfaatkan ruang yang ada dengan variasi drop ceiling (menurunkan plafon) atau up ceiling (meninggikan sebagian besar permukaan plafon). Variasi plafon ini akan membuat kamar tidur Anda menjadi lebih dinamis.

Anda juga dapat menggantungkan barang-barang dekoratif yang dapat melapangkan area di bawahnya. Selain itu, trik ini juga dapat membuat pandangan terfokus ke arah atas dan memberikan ilusi volume ruang yang lebih besar pada ruangan kecil. Salah satu caranya adalah dengan memasang lampu gantung sebagai pengganti lampu meja.

Tempat penyimpanan vertikal

Gunakan tempat penyimpanan vertikal (Sumber: designology.ie)

Ruangan yang kecil tidak akan cukup jika kita ingin menempatkan perabot yang besar. Maka, Anda dapat mengakalinya dengan memanfaatkan dinding dengan menempelkan papan sebagai dekorasi mengapung untuk menggantikan perabot yang besar. Trik ini selain dapat membuat perabot tampak seperti menyatu ke dinding, juga akan menambah nilai estetis dan praktis pada kamar tidur Anda.

Tempat penyimpanan seperti meja di samping tempat tidur dengan laci, atau bahkan meja rias kecil, juga dapat ditempelkan ke dinding. Cara ini dapat melampangkan ruang di bawahnya untuk menyembunyikan barang, kotak, atau keranjang penyimpanan pernak-pernik Anda.

Gunakan furnitur serbaguna

Furnitur multifungsi (Sumber: smart-security.info)

Untuk memaksimalkan ruangan yang terbatas, penggunaan furnitur yang multifungsi adalah jawabannya. Salah satu trik yang dapat Anda coba adalah dengan menggunakan kasur lipat. Aspek estetika dari kasur lipat ini juga masih dapat Anda pertahankan dengan mendempetkannya ke dinding ruangan atau ke perabot tertentu yang memadai. Bahkan ide yang lebih hebatnya, tempat tidur lipat ini bisa dilipat di balik sofa yang kemudian dapat dipergunakan selama siang hari. Ide ini tentu akan menghemat ruang dan memberikan lebih banyak fleksibilitas tanpa mengorbankan kenyamanan.

Penambahan cermin

Gunakan cermin besar (Sumber: oaksenham.com)

Terkadang memang solusi terbaik adalah hal paling mendasar yang telah lama diketahui secara umum. Penggunaan cermin pada ruangan merupakan sebuah trik pintar untuk membuat kamar tidur minimalis terlihat lebih luas. Selain itu, cermin juga merupakan medium yang sangat baik untuk mendapatkan pencahayaan alami yang lebih maksimal. Pasanglah cermin tepat di dekat sumber cahaya, bisa berupa lampu, lilin, atau yang langsung memantulkan sinar matahari.

Baca juga: Desain Interior Mewah untuk Rumah Tipe 36

Mengaplikasikan ide-ide ini memang tidaklah mudah. Namun, dengan kreatifitas atau mungkin sedikit bantuan dari desainer interior berpengalaman, Anda dapat mewujudkan kamar tidur impian. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *