Ini Cara Mudah Mendesain Kamar Minimalis

Kamar tidur merupakan ruangan di dalam rumah yang paling sering kita gunakan untuk menghabiskan waktu sehari-hari. Tidak hanya menjadi tempat untuk beristirahat, kamar tidur juga menjadi tempat untuk belajar, bekerja, dan lainnya. Maka, kenyamanan dari kamar tidur Anda menjadi faktor yang paling penting, agar Anda betah berlama-lama di dalamnya.

Kamar yang nyaman tidak selalu identik dengan kamar yang luas lho. Kamar yang luas memang dapat memudahkan Anda untuk menyimpan semua keperluan, namun kamar sempit pun juga dapat menjadi tempat nyaman jika diatur dengan baik.

Nah, cara menata kamar tidur yang tidak terlalu besar memang memiliki tantangannya tersendiri. Mulai dari tempat penyimpanan barang yang terbatas, hingga keterbatasan furnitur yang bisa digunakan. Terlepas dari besar atau kecilnya sebuah ruangan, cara menata kamar tidur dengan tepat bisa memuat banyak barang juga. Kuncinya adalah dengan merancang elemen yang ada dan menciptakan ruang istirahat yang praktis dan cantik.

Bagaimana caranya mendesain kamar tidur minimalis yang nyaman dan mudah? Yuk lihat tipsnya.

1. Batasi penggunaan warna

Batasi penggunaan warna (Sumber: arsitag.com)

Cara menata kamar tidur yang minimalis dapat Anda mulai dengan pemilihan cat kamar. Memilih warna-warna yang terang sudah terkenal dapat membuat sebuah ruangan akan tampak lebih luas, apalagi jika ditambah dengan adanya cahaya matahari yang masuk. Oleh karena itu, menggunakan warna-warna netral dan pastel merupakan salah satu cara yang paling tepat untuk menata kamar minimalis ideal.

Tidak hanya memilih warna-warna terang saja, kamu juga perlu membatasi penggunaan jumlah palet warna. Gunakan warna atau corak yang serupa untuk dinding, furnitur, tempat tidur, dan lantai kamar. Pilihlah warna yang tidak terlalu kontras dengan warna lantai kamar Anda.

Jika Anda ingin sedikit memakai warna berani, Anda dapat mengkombinasikan dua warna antara warna netral dengan warna mencolok. Gunakan warna mencolok pada satu sisi dinding kamar tidur dan warna netral di sisi dinding lainnya. Cara menata kamar tidur seperti ini berfungsi untuk menciptakan kesan lapang karena mata tidak akan terpaku hanya pada sudut-sudut ruangan.

2. Gunakan furnitur yang fungsional dan hemat tempat

Gunakan furnitur yang fungsional (Sumber: dekoruma.com)

Pastikan untuk menggunakan furnitur kamar tidur yang tidak memakan banyak tempat dan juga harus fungsional. Penggunaan furnitur yang tidak terlalu besar membuat penataan kamar tidur menjadi lebih mudah. Menjaga keseimbangan pada proporsi furnitur adalah cara menata kamar tidur minimalis paling penting dan tidak boleh diabaikan. Dengan menggunakan furnitur fungsional dan cara menata yang tepat dapat membuat semua barang tersimpan aman dan rapi.

Salah satu caranya, Anda dapat menggunakan rak-rak penyimpanan dengan model yang dapat ditempelkan ke dinding. Model rak seperti ini dapat menyimpan berbagai macam barang pribadi Anda tanpa takut menghabiskan area di dalam kamar. Anda juga dapat membuat rak seperti ini sendiri dengan menggunakan bahan-bahan seperti triplek kayu, plat besi, dan lainnya. Tidak hanya sebagai tempat penyimpanan, model rak dinding seperti ini juga dapat dijadikan sebagai dekorasi lho.

3. Buat ilusi kamar yang lebih luas dengan menggunakan cermin

Ilusi ruangan lebih luas dengan kaca (Sumber: dekoruma.com)

Menggunakan cermin untuk membuat ilusi ruangan tampak dua kali lebih besar adalah trik yang sudah digunakan selama berabad-abad. Kok bisa ya? Nah pada dasarnya, cermin adalah media yang memantulkan cahaya dan menciptakan ilusi optikal pada ruangan. Penggunaan cermin ini hingga sekarang menjadi salah satu cara menata kamar tidur minimalis yang paling sering digunakan.

Selain dapat membuat ruangan menjadi lebih besar, cermin juga dapat menjadi unsur dekoratif pada ruangan lho. Misalkan saja Anda dapat menggantung satu atau beberapa cermin pada dinding yang masih polos, atau memilih lemari yang sudah memiliki cermin, atau juga menggunakan cermin full-body. Untuk menambah estetika pada ruangan, jangan lupa untuk menyesuaikan cermin dengan desain keseluruhan kamar.

4. Pencahayaan yang baik

Pencahayaan yang baik (Sumber: matakonstruksi.com)

Pencahayaan yang baik dan maksimal adalah segala-segalanya apabila jika kamar tidur Anda mungil. Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan tidak menghalangi cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan. Membuat ventilasi atau jendela yang cukup besar pada kamar tidur akan membuat kamar tidur terasa lebih luas dan segar pada siang hari.

Jika membuat jendela yang besar tidak memungkinkan, pencahayaan lampu yang baik juga memiliki peran penting dalam mendesain kamar tidur minimalis. Gunakanlah dua hingga 3 lampu lantai atau lampu meja dan perkecil pencahayaan dari langit-langit. Cahaya yang tidak terlalu terang dari beberapa bagian kamar tidur akan menyamarkan sudut-sudut ruangan sehingga kamar terasa lebih luas.

5. Manfaatkan dinding dengan maksimal

Hiasan dinding (Sumber: deludru.com)

Cara lain yang dapat Anda gunakan untuk mendesain kamar tidur minimalis adalah dengan memanfaatkan dinding kamar. Salah satu caranya adalah dengan menyusun wall art dengan rapi. Anda dapat membuat galeri kecil dan sederhana di dinding dengan menempelkan foto-foto kecil atau gambar lainnya. Cara menata kamar tidur seperti ini akan membuat ruangan terlihat lebih tinggi dan mengalihkan perhatian dari kamar tidur yang minimalis.

Cara lainnya membuat langit kamar tidur terlihat lebih tinggi adalah dengan membuat rak dinding yang vertikal. Selain membuat kamar lebih luas, cara menata kamar tidur seperti ini dapat menyiasati kebutuhan akan tempat penyimpanan lho.

Mudah kan cara-cara mendesain kamar tidur minimalis di atas? Kamar tidur yang nyaman, stylish, dan indah tidak harus berukuran besar, tetapi desain yang minimalis juga dapat Anda jadikan pilihan menarik.

Ssssst… ngomong-ngomong soal rumah, sudah cek produk Greenwood? [Klik produk bagus]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *