10 Tips Desain Kamar Mandi Minimalis

Rumah minimalis, seberapa kecilpun luasnya, akan tetap mencirikan karakter dan kebutuhan dari pemiliknya. Tidak terkecuali untuk kamar mandi sebagai salah satu ruang privasi pemilik di dalam rumah. Desain kamar mandi minimalis juga harus memperhatikan kebutuhan serta kebiasaan dari penggunanya. Pada prinsipnya, desain kamar mandi yang baik haruslah tidak licin, mudah dibersihkan, serta memiliki sistem pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik.

Menata kamar mandi mungil minimalis agar dapat memuat semua kebutuhan di dalam ruang yang tersedia adalah seperti mengisi teka-teki silang. Ada beberapa tantangan yang harus Anda hadapi seperti di antaranya: memadukan kloset dan wastafel, menyediakan ruang yang cukup untuk mandi, atau menentukan tempat handuk.

 Nah, jika Anda saat ini tengah kebingungan dalam membuat kamar mandi minimalis dan mencari cara bagaimana mengakali ruangan kamar mandi agar terlihat lebih luas kami akan menemukan jawabannya. Artikel ini akan mengajak Anda untuk mengintip desain kamar mandi minimalis yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mengetahui kebutuhan kamar mandi Anda

Kamar mandi minimalis (Sumber: dailytelegraph.com.au)

Sama seperti halnya ruang lainnya di rumah, kamar mandi juga mempunyai kebutuhan tersendiri agar dapat berfungsi dengan baik dan maksimal. Kamar mandi yang baik berarti mampu menampung semua kebutuhan khusus penghuni di dalam rumah Anda. Sebagai contoh, misalnya desain kamar mandi untuk keluarga dengan anak kecil akan berbeda dengan kamar mandi yang memiliki anggota lansia. Memang tentunya harus sama-sama aman dan nyaman untuk semua usia, tetapi pilihan untuk pemasangan fixture seperti kloset dan wastafel akan sangat berbeda.

Baca juga: Mengintip Keindahan Desain Kantilever

Untuk Anda yang mempunyai anak kecil di rumah, mungkin dapat menambahkan pijakan di depan wastafel agar anak Anda dapat menjangkaunya dengan mudah.

Ketahui luas ruangan

Kamar mandi dengan fixture minimalis (Sumber: babywatchome.com)

Besaran ruang kamar mandi akan sangat memengaruhi pilihan bentuk dan ukuran fixture yang akan digunakan. Apalagi pada kamar mandi berukuran kecil, harus benar-benar selektif agar ukuran fixture tidak membuat ruang yang ada menjadi semakin sempit dan pergerakan jadi tidak nyaman. Pilihlah fixture, seperti kloset, wastafel, ataupun bathtub berukuran ramping. Ingat, yang penting adalah fungsinya bukan hanya estetika semata. Sebaliknya untuk kamar mandi berukuran luas justru Anda harus memilih fixture berukuran agak besar agar seimbang dengan luasnya ruang. Jangan sampai ruang yang besar terlihat kosong.

Penggunaan wallpaper

Penggunaan wallpaper (Sumber: pinterest.com)

Tips selanjutnya adalah dengan memilih jenis wallpaper yang tepat untuk diletakkan di dalam kamar mandi minimalis Anda. Menggunakan wallpaper dengan motif yang terlalu ramai ataupun cat yang memiliki banyak sekali campuran warna akan membuat ruangan terlihat menjadi semakin sempit. Maka, usahakanlah hanya menggunakan satu warna cat untuk membuat kesan ruang yang lebih lapang. Pilih juga warna yang dapat memantulkan cahaya dengan baik seperti hijau atau putih dan hindari penggunaan warna yang gelap seperti hitam di dalam kamar mandi.

Baca juga : 7 Ide Dekorasi Rumah Mungil Kekinian

Menggunakan aksesoris lampu

Lampu kamar mandi minimalis (Sumber: dhgate.com)

Untuk penambahan aksesoris lampu pada kamar mandi, Anda dapat menggunakan penutup lampu yang memiliki ukuran cukup besar namun tidak terlalu mendominasi ruangan. Cara seperti ini akan memberikan kesan yang cukup lapang pada langit-langit kamar mandi.

Letakkan berbagai peralatan di dinding

Tempat penyimpanan dinding untuk kamar mandi minimalis (Sumber: ruchidesigns.com)

Cara menjadikan kamar mandi minimalis terasa lebih luas adalah dengan menggunakan dinding untuk meletakkan berbagai peralatan yang kamu miliki. Letakkanlah segala peralatan seperti handuk, gunting, alat cukur, dan peralatan lainnya di dinding.

Pilih materi lantai yang tepat

Pilihlah materi lantai yang tepat (Sumber: luxurybusla.com)

Saat Anda akan memilih materi lantai, selain tidak licin, faktor keindahan desain dan kekuatan juga sangat penting untuk diperhatikan. Bayangkan jika Anda menjatuhkan gayung berisi air atau botol yang masih penuh dengan shampoo. Salah memilih materi lantai yang kurang kuat dapat berakibat pecah dan lantai menjadi tajam, sehingga tidak aman untuk Anda gunakan. Belum lagi kesulitan yang harus dihadapi saat akan memperbaikinya, apalagi jika Anda hanya memiliki satu kamar mandi di dalam rumah.

Gunakan tirai shower

Gunakan tirai pemisah (Sumber: ndikhome.com)

Anda dapat menghilangkan kaca pembatas yang menggunakan kaca dan menggantinya dengan tirai berpola atau warna yang menarik. Selain dapat menghemat ruang, tirai juga dapat menambah privasi sekaligus mempercantik tampilan kamar mandi yang mungil. Pilihlah bahan yang ringan dan cerah, yang membuat ruangan terlihat lebih lapang.

Pasang cermin berukuran besar

Gunakan kaca yang besar (Sumber: 7desainminimalis.com)

Memasang cermin yang besar dan memenuhi dinding (bukan hanya meja wastafel saja) dapat Anda gunakan sebagai trik untuk memberikan kesan lapang di ruang yang sempit. Selain itu, pemakaian cermin besar juga dapat menghemat ruang sehingga dapat digunakan oleh dua orang secara sekaligus.

Menggunakan pintu geser

Menggunakan pintu geser (Sumber: acmchome.com)

Pemilihan jenis pintu merupakan salah satu trik untuk membuat kamar mandi minimalis terlihat lebih luas dan lapang. Caranya adalah Anda dapat mengganti pintu yang dibuka secara langsung dengan pintu geser seperti rumah tradisional masyarakat Jepang.

Memanfaatkan belakang pintu

Manfaatkan ruang di belakang pintu (Sumber: khabars.net)

Pintu kamar mandi bagian belakang jangan sampai tidak Anda manfaatkan untuk membuat kamar mandi minimalis menjadi lebih luas. Anda dapat memasang gantungan handuk di pintu kamar mandi untuk fungsi ganda. Selain dapat menghemat ruang, gantungan handuk di pintu akan sangat efisien sehingga mempermudah ruang gerak Anda saat menggunakan kamar mandi.

Baca juga : Ini Ide-ide untuk Berkreasi dengan Kolase Foto

Apapun itu pilihan desain Anda, pilihlah desain kamar mandi yang cocok untuk rumah minimalis Anda. Selain itu, desain kamar mandi haruslah sesuai dengan kebutuhan Anda serta anggota keluarga lainnya. Tidak hanya itu, tentunya juga harus nyaman untuk semua penghuni rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *