Interior Rumah Minimalis untuk Anda Penyuka Kesederhanaan

Untuk membuat hunian yang nyaman ditempati sekaligus indah, tentu bukan hanya bagian luar rumah saja yang perlu diperindah. Akan tetapi, interior rumah juga sangat penting untuk diperhatikan agar penghuninya merasa nyaman dan betah untuk berlama-lama tinggal di dalamnya. Saat ini, banyak sekali desain rumah terbaru yang semakin kreatif. Mulai dari desain rumah modern, klasik, hingga desain interior rumah minimalis.

Saat kita membicarakan tentang interior rumah, mungkin desain interior bergaya minimalis adalah salah satu gaya desain yang paling banyak disukai. Selain tetap dapat memperlihatkan desain interior rumah yang mewah, dibalik gaya dan konsepnya yang sederhana desain interior rumah minimalis cocok untuk ukuran rumah yang tidak terlalu besar.

Nah, pada artikel kali ini akan diberikan sedikit gambaran tentang desain interior rumah minimalis terbaru yang dapat menjadi pilihan bagi Anda para desainer rumah atau Anda yang ingin membangun rumah dengan gaya minimalis.

1. Desain serba putih

Desain minimalis serba putih (Sumber: homedit.com)

Putih adalah warna yang paling netral dan paling banyak digunakan untuk rumah bergaya minimalis. Anda tidak akan pernah salah dengan memilih warna putih. Desain interior yang menggunakan warna putih akan membuat ruangan terkesan lebih bersih dan terlihat lebih luas. Warna yang cerah seperti warna putih dapat membuat ruangan sempit menjadi terkesan lebih besar dan membuat penataan ruangan menjadi lebih mudah karena putih cocok dipadankan dengan gaya desain apapun.

2. Desain ruang tamu sederhana

Desain ruang tamu minimalis (Sumber: decoist.com)

Masih sama dengan poin yang pertama, gunakanlah warna-warna terang yang dapat memantulkan cahaya masuk untuk memberi efek ruangan yang lebih luas. Tema black and white dapat Anda terapkan, namun tentu warna putih harus lebih dominan. Selain menggunakan warna terang, Anda juga dapat menambahkan jendela kaca berukuran besar untuk memperlihatkan sisi eksterior.

Saat mendesain ruang tamu yang minimalis, pilihlah furnitur yang tidak terlalu besar atau berkaki rendah dan juga hindari sekat. Ruangan yang luas tanpa sekat akan memberikan kesan luas sehingga membuat ruangan nyaman bagi mata. Untuk memberi batas antar ruangan, Anda dapat menggunakan karpet atau lemari kecil untuk menentukan suatu area.

Baca juga: 6 Tema Pagar Kayu untuk Tampilan Rumah yang Natural

Ruang tamu minimalis (Sumber: jannwisdomdesigns.com)

Nah, sudut-sudut pada ruangan kadang menjadi area yang terabaikan. Padahal sebenarnya, sudut ruangan dapat Anda manfaatkan sebagai tempat untuk menaruh kursi tambahan atau rak kecil. Untuk memberikan kesan yang lebih santai, Anda juga bisa meletakkan sofa kecil atau beanbag untuk bersantai di area sudut ruangan.

Untuk ruang tamu, pasanglah juga gorden yang beberapa cm lebih tinggi dari ukuran jendela sebenarnya. Hal ini dapat memberi ilusi jendela yang lebih tinggi. Memasang gantungan gorden yang melebihi lebar jendela di kedua sisinya dapat membuat jendela tampak lebih besar. Jendela yang terlihat lebih besar akan membuat ruang tamu minimalis terlihat lebih lega.

3. Desain rak dinding yang elegan

Rak buku gantung (Sumber: pinterest.com)

Jika Anda tidak mempunyai ruangan yang terlalu besar, Anda haruslah ekstra kreatif dalam memanfaatkan setiap sudut yang ada. Salah satu inspirasi yang dapat Anda gunakan adalah membuat dinding menjadi lebih unik dengan desain rak dinding gantung yang elegan. Desain interior minimalis yang satu ini dapat membuat ruangan terlihat semakin berbeda dengan yang lain dan terkesan lebih luas.

4. Taman di dalam rumah

Taman di dalam rumah (Sumber: owtdoor.com)

Siapa bilang taman hanya dapat dibuat di bagian luar rumah saja? Sebuah taman yang ditempatkan di dalam rumah seperti di dalam ruang tamu atau ruang tengah dapat membuat suasana rumah lebih segar, alami dan menghilangkan rasa penat Anda saat pulang dari bekerja lho. Anda juga dapat menambahkan air mancul kecil untuk memberikan efek suara air yang menenangkan.

5. Hiasan dinding yang kreatif

Hiasan dingin di bawah tangga (Sumber: coolamon.org)

Lukisan atau hiasan dinding tidak melulu harus ditempatkan secara mainstream atau itu-itu saja. Hiasan dinding dapat Anda tempatkan di tempat yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya, namun tetap bisa memberikan kesan mewah pada rumah. Menempatkan hiasan dinding di area tangga atau bahkan area dapur dapat membuat rumah semakin elegan dan unik.

Untuk membuat rumah minimalis yang tampak mewah dan elegan, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

1. Pemilihan bahan properti

Rumah minimalis dari kayu (Sumber: freshome.com)

Untuk membuat rumah minimalis, sebaiknya tentukan terlebih dahulu satu bahan material bangunan yang akan menjadi bahan utama dari rumah Anda. Meskipun Anda tidak mungkin hanya menggunakan satu bahan untuk seluruh desain rumah, namun sebaiknya Anda memilih bahan utama yang akan menjadi tema dari hunian. Misalnya desain interior rumah kayu yang minimalis.

2. Sesuaikan dengan ukuran dan luas rumah

Ruang keluarga minimalis (Sumber: freshome.com)

Seperti yang sudah dijelaskan, desain interior rumah minimalis cocok digunakan untuk rumah yang berukuran tidak terlalu besar sehingga tiap ruang dapat digunakan dengan maksimal. Nah, untuk rumah yang berukuran kecil sebaiknya pilih desain dan furnitur yang benar-benar sederhana agar rumah terlihat lebih lapang.

3. Warna terang yang mendominasi

Desain interior minimalis (Sumber: conceptuance.fr)

Ini merupakan salah satu tips paling penting pada desain interior rumah minimalis, yaitu adalah pemilihan warna terang. Warna terang akan memberikan kesan rumah yang lebih luas. Terlebih lagi jika Anda banyak memasang kaca atau cermin pada ruangan untuk memberikan pantulan yang menimbulkan kesan luas dua kali lipat dibandingkan dengan luas sebenarnya.

Untuk menghasilkan desain interior rumah terbaik, pastikan Anda sudah memperbanyak dalam mencari referensi atau Anda dapat juga mempercayakannya pada tenaga ahli untuk mendesain ruangan rumah.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *