Yuk Kenali Berbagai Macam Jenis Desain Rumah di Dunia

Terdapat banyak sekali desain rumah yang ada di dunia, salah satu yang paling terkenal dan banyak digunakan mungkin adalah gaya desain rumah minimalis. Rumah dengan gaya desain minimalis lebih mengedepankan konsepnya yang sederhana namun tetap fungsional. Nah, selain minimalis banyak sekali gaya desain rumah lainnya yang tidak kalah indah lho. Mau tahu apa saja? Yuk kenalan dengan berbagai macam gaya desain rumah berikut.

Desain Kontemporer

Gaya kontemporer ini mulai berkembang sekitar awal tahun 1920-an yang dimotori oleh sekumpulan arsitektur Bauhaus School of Design di Jerman. Namun, gaya kontemporer dalam seni bangunan sendiri mulai berkembang pesat pada tahun 1940-1980an. Istilah arsitektur kontemporer mengacu pada gaya bangunan yang sedang berkembang saat ini. Dalam bidang arsitektur, kontemporer dan modern tidak memiliki makna yang sama walaupun banyak orang yang masih mengira keduanya sama.

Desain rumah kontemporer (Sumber: architectureartdesigns.com)

Pada dasarnya kontemporer adalah gaya desain yang sedang up to date atau sedang diproduksi pada masa sekarang. Jadi, kontemporer bersifat dinamis dan tidak terikat oleh suatu era. Sebaliknya, arsitektur modern menandakan sebuah era setelah era tradisional atau pra-industri.

Arsitektur kontemporer cenderung lebih sering menggunakan garis melengkung. Penggunaan garis lengkung ini memungkinkan terciptanya bentuk ruang lain selain kubus. Saat garis lurus dan garis lengkung digabungkan, akan tercipta komposisi ruang yang lebih unik. Jendela juga menjadi elemen penting pada arsitektur kontemporer. Jendela biasanya ditempatkan pada posisi unik dan berukuran besar.

Desain klasik

Gaya rumah dengan desain klasik (Sumber: mirgallery.info)

Desain rumah klasik biasanya merujuk pada arsitektur klasik Yunani dan Romawi kuno. Desain rumah klasik mewah dapat Anda kenali dari detail yang rumit pada fasad, pintu masuk, jendela, dan atapnya. Anda mungkin akan menemukan detail lain seperti kolom bergalur, coffered plafond (panel-panel cekung di langit-langit), atau jendela yang dibingkai dengan detail molding.

Desain mediteranian

Ciri khas desain rumah bergaya mediteranian dapat dilihat dari bentuknya yang elegan, klasik, dan mewah. Di negara-negara asalnya seperti Spanyol, gaya arsitektur Mediteranian muncul karena adanya penyesuaian dengan kondisi lingkungan setempat yang umumnya beriklim panas. Nah, akibat iklimnya yang panas, bangunan bergaya Mediteranian memiliki karakter berdinding tebal untuk melindungi panas pada siang hari, namun tetap hangat saat malam hari.

Desain rumah mediteranian (Sumber: cybball.com)

Gaya arsitektur mediteranian selalu berusaha untuk menyatukan keadaan alam sekitar dengan bentuk bangunan. Ini terlihat dari material bangunan yang digunakan kebanyakan bersifat alami, seperti batu alam atau tanah liat yang digunakan pada dinding bangunan. Unsur desain pertama yang akan langsung terlihat dari desain gaya mediteranian adalah adanya portico. Portico atau serambi merupakan elemen dekoratif yang biasanya dihadirkan di depan pintu masuk yang disangga oleh tiang.

Untuk jendela sendiri, biasanya berukuran relatif kecil dan berbentuk persegi panjang dengan kotak-kotak kecil, dan berbentuk lengkungan di bagian atasnya.

Desain industrial

Rumah industrial (Sumber: molotilo.com)

Rumah yang menggunakan gaya desain industrial terkenal dari bentuk bangunannya yang terkesan kuat, gelap, dan sekitar terlihat seperti bentuk pabrik kecil. Gaya ini biasanya menggunakan warna-warna yang monokromatik dan terkesan maskulin. Penggunaan material yang cenderung kasar seperti logam dan baja yang sengaja diekspos cenderung digemari. Kolom-kolom atau struktur atap sering dibiarkan terlihat dengan jelas dan tanpa finishing.

Material yang dibiarkan seperti aslinya, menampilkan nuansa yang berkaitan dengan dunia industri. Desain ini biasanya dipilih oleh para penghuni rumah yang menginginkan suasana hunian dengan tampilan rough dan maskulin.

Desain tradisional

Rumah bergaya tradisional (Sumber: tuku.jia.com)

Gaya desain rumah tradisional adalah rumah yang desainnya mengikuti kekhasan masing-masing daerah tempat tinggalnya. Namun, bukan berarti gaya desainnya harus mutlak sama 100%. Anda tetap bisa memberikan sentuhan-sentuhan desain lainnya pada beberapa bagian rumah. Desain tradisional secara umum cenderung konvensional atau sedikit bergaya khas. Contohnya saja diberbagai daerah di Indonesia tentunya mempunyai bangunan khasnya masing-masing.

Desain Scandinavian

Gaya desain yang satu ini adalah gaya yang paling digemari dan kekinian. Karakteristik utama dari model rumah bergaya Scandinavian adalah warna dominan putih yang bernuansa cerah dan hangat, desain furnitur yang halus dan nyaris tanpa ornamen, serta hasil pengerjaannya dengan detail yang sempurna. Pada arsitektur Scandinavian pencahayaan alami dianggap sangat penting, dan banyak rumah bergaya Scandinavian yang menggunakan warna-warna pastel sederhana.

Rumah dengan desain Scandinavian (Sumber: freshome.com)

Warga yang tinggal di daerah Scandinavian memiliki kecintaan akan alam yang mengakar kuat, sehingga sebisa mungkin mereka berada di alam terbuka. Nah, dalam desain model rumah Scandinavian mereka berupaya memasukkan unsur alam ke dalam rumah sebanyak mungkin.

Keindahan arsitektur dan desain Scandinavian terletak pada aspek kesederhanaannya. Tidak banyak detail atau ornamen yang berlebihan dan tidak penting pada bangunannya. Pencahayaan alami sangat penting untuk desain rumah ini. Biasanya, jendela kaca berukuran besar penuh akan berjajar di sisi rumah Scandinavian untuk menangkap sinar matahari siang hari sebanyak mungkin. Jendela juga dibiarkan tetap kosong tanpa gorden atau blind.

Desain tropical

Rumah tropical (Sumber: idesignarch.com)

Desain arsitektur rumah bergaya tropis mengedepankan kesan natural dengan memanfaatkan sisi alamiah dari rumah itu sendiri. Biasanya rumah gaya ini identik dengan banyaknya pepohonan di sekitar rumah. Rumah bergaya tropis menggunakan ukuran pintu dan jendela yang relatif lebih besar agar sirkulasi udara dapat masuk dengan maksimal ke dalam ruangan. Penggunaan material bangunan yang memberikan kesan alami seperti kayu dan papan cenderung lebih diutamakan.

Setelah mengetahui jenis-jenis gaya arsitektur rumah terbaik yang ada di dunia, sekarang saatnya Anda menentukan gaya apa yang paling sesuai dengan karakter Anda. Jadi, akan memilih gaya desain rumah yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *