5 Desain Pagar Rumah Minimalis Ini Akan Buat Rumahmu Menawan

Tanpa keberadaan pagar, tentu saja sistem keamanan rumah Anda menjadi terasa tidak lengkap. Pentingnya keberadaan pagar membuat kita harus lebih berhati-hati dalam memilih desain pagar. Hal ini dikarenakan bukan tidak mungkin jika pagar yang sudah Anda pilih justru tidak sejalan dengan tema rumah yang akan Anda terapkan. Sebagai bagian terdepan dari rumah, tentunya pagar akan memberikan kesan pertama sebelum masuk ke bagian rumah yang berada di dalam. Maka dari itulah, desain pagar rumah harus dipertimbangkan dengan baik dari sisi keindahannya serta fungsinya.

Pagar rumah minimalis tidak berarti sangat sederhana, tidak bervariasi, dan modelnya itu-itu saja. Karena sebenarnya, istilah minimalis sendiri memiliki makna pemanfaatan optimal untuk memaksimalkan fungsinya. Tidak terdapat batasan bentuk ataupun juga batasan bahan saat menggunakan pagar minimalis. Hal terpenting adalah setiap elemen harus berfungsi sebaik-baiknya. Berikut adalah beberapa contoh pagar rumah minimalis yang dapat Anda jadikan referensi untuk memunculkan ide-ide kreatif.

1. Pagar minimalis dengan dominasi garis vertikal

Pagar vertikal (Sumber: fenceandgateshop.co.nz)

Kesederhanaan garis sebagai elemen dasar suatu bentuk desain ternyata dapat memberikan sentuhan minimalis yang sederhana, namun tetap elegan untuk pagar rumah. Tidak hanya berfungsi sebagai pengaman rumah, pagar rumah minimalis ini juga dapat mempertegas bagian fasad rumah. Dominasi garis menjadi satu kesatuan dengan fasad rumah yang sekaligus menyeimbangkannya.

Contoh pagar dengan dominasi garis ini memang merupakan desain pagar minimalis yang paling sederhana. Saking sederhananya, pagar ini seringkali tidak memiliki panah tajam di bagian atasnya. Sehingga dari segi keamanan sebetulnya kurang maksimal. Namun, desain ini cocok untuk Anda yang ingin sedikit memperlihatkan desain eksterior rumah.

2. Pagar rumah minimalis dari batu alam

Pagar batu alam (Sumber: desainsrumahminimalis.com)

Selain berfungsi untuk melindungi rumah, pagar rumah minimalis juga mempunyai fungsi dari segi eksterior. Sehingga, pemilihan jenis bahan yang digunakan untuk pagar tidak dapat dipandang sebelah mata. Konstruksi pagar haruslah kokoh, kuat, dan juga harus tetap terlihat indah. Di Indonesia sendiri, salah satu desain pagar yang paling populer adalah desain pagar dengan bahan yang terbuat dari bata alam. Selain bentuknya yang kokoh dan modern, jenis bahan ini juga mempunyai kelebihan yaitu membuat rumah terlihat lebih menarik dan elegan.

Untuk Anda yang ingin memilih pagar dengan material batu alam, ada baiknya Anda juga memerhatikan desain dan bentuk rumah agar desain pagar terlihat serasi. Jenis pagar minimalis dari materi batu alam dapat membuat rumah terlihat lebih alami dan natural.

3. Pagar rumah minimalis dari kayu

Pagar kayu (Sumber: totalfencing.com)

Desain pagar dari kayu sangat cocok untuk Anda yang menyukai rumah dengan tema sederhana namun tetap terlihat menarik dan mewah. Menggunakan pagar yang terbuat dari kayu, membuat rumah Anda terlihat lebih alami dan asri. Selain membuat rumah terlihat lebih indah karena adanya unsur klasik pada kayu, bahan yang satu ini juga mempunyai kelebihan lain yaitu harganya yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan jenis bahan pagar lainnya. Pagar yang menggunakan bahan dasar kayu juga dapat memberikan tampilan yang lebih bagus jika dicat atau dipernis. Anda juga dapat menambahkan efek klasik dengan menambahkan ukiran pada desain pagar.

Pagar kayu (Sumber: arlington-fence.com)

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin menggunakan kayu sebagai materi pagar rumah. Anda tidak boleh sembarangan memilih kayu untuk pagar. Kayu yang digunakan haruslah kuat dan kebal terhadap serangan cuaca panas ataupun dingin. Tentu hal ini akan sulit untuk Anda yang masih awam dengan jenis kayu yang baik. Kosultasikanlah dengan ahlinya, seperti arsitek atau jasa kontraktor rumah.

Pagar kayu banyak digunakan untuk bangunan rumah minimalis khususnya bagi mereka yang menyukai gaya minimalis klasik. Namun, untuk Anda yang ingin rumah terlihat lebih modern, Anda tidak perlu khawatir karena saat ini banyak sekali desain pagar kayu dengan tema modern. Pada umumnya, pagar rumah dari material kayu diberikan warna cokelat natural sesuai warna kayu. Namun, banyak juga model pagar kayu dengan warna putih atau warna-warna lainnya yang lebih mencolok.

Baca juga:  Motif dan Warna Keramik Ciptakan Kesan Spesifik Terasmu

4. Pagar rumah minimalis dari besi

Pagar besi (Sumber: qumania.com)

Pagar besi merupakan jenis bahan pagar yang paling banyak digunakan di berbagai daerah yang ada di Indonesia. Selain mudah ditemukan di berbagai toko bangunan, pagar besi juga dapat memberikan keamanan yang maksimal pada rumah. Saat ini, desain dan bentuk pagar besi juga sudah semakin beragam dan tentunya mempunyai keindahan serta nilai seni yang beragam pula. Pagar yang terbuat dari besi sangat cocok untuk dipasang di rumah dengan tema modern atau juga minimalis.

5. Warna pagar

Warna pagar minimalis (Sumber: 7desainminimalis.com)

Warna pagar pada rumah minimalis umumnya lebih mengedepankan warna-warna yang alami, seperti putih, abu-abu beton, hitam, dan cokelat. Warna-warna natural lebih digunakan untuk memperkuat kesan minimalis yang ‘simple’ dan juga menyatu dengan alam. Warna hitam dan cokelat ditujukan untuk memberikan kesan yang kuat dan kokoh pada bangunan. Sedangkan, warna putih dan abu-abu beton biasanya digunakan untuk memberikan kesan bangunan yang ‘ringan’.

Selain memilih desain pagar yang terlihat selaras dengan tema rumah, hal lain yang juga harus Anda perhatikan adalah ketinggian dari pagar yang akan dibangun. Tinggi sebuah pagar pada umumnya adalah sekitar 150cm hingga 160cm. Selain itu, pilihlah juga warna cat yang sesuai dengan desain rumah Anda.

Semoga inspirasi tadi dapat menjadi referensi bagi Anda untuk memunculkan kembali berbagai ide kreatif dalam memilih pagar rumah minimalis.

 

Ssssst… ngomong-ngomong soal rumah, sudah cek produk Greenwood? [Klik produk bagus]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *