Mengintip Keindahan Desain Kantilever

Pada umumnya, rumah dirancang lurus dan sejajar antara sisi yang satu dengan sisi yang lainnya. Anda tentunya jarang atau bahkan mungkin tidak pernah melihat sebuah rumah yang memiliki sisi menonjol dan tampak mengapung di udara. Mungkin ide desain seperti ini terlihat aneh, tetapi saat Anda melihatnya secara langsung akan membuat Anda kagum atau mungkin terinspirasi untuk memiliki rumah dengan desain unik seperti ini. Nah, desain rumah yang memiliki bagian menonjol di atas disebut sebagai kantilever.

Desain kantilever memberikan lebih banyak ruang akibat peniadaan struktur. Menurut pengertiannya, kantilever adalah penonjolan balok yang hanya disokong pada salah satu sisinya saja, berakar pada desain struktur dan perhitungan mekanika teknik bangunan. Struktur kantilever yang hanya menggunakan satu tumpuan ini sering digunakan untuk dapat memaksimalkan tapak pada lantai di atasnya tanpa mengurangi tapak yang berada di bawahnya, jika dibandingkan dengan struktur biasanya yang menggunakan dua tumpuan atau kolom.

Dalam jenis desain kantilever, desain rumah yang unik akan membutuhkan analisis yang lebih mengenai struktural yang tepat untuk memastikan bahwa seluruh strukturnya tidak akan runtuh. Desainnya yang futuristik ternyata mempunyai beberapa kegunaan bagi penghuninya lho. Apa saja? Yuk, kita lihat.

Manfaat Desain Kantilever

Memberikan desain eksterior yang luar biasa

Doninpark Building (Sumber: dailytonic.com)

Kesan pertama yang Anda dapatkan saat melihat bangunan dengan desain kantilver tentu adalah keunikan dan kemegahannya. Salah satu bangunan terkenal di dunia yang menggunakan desain kantilever adalah Donaustadt Park. Donaustadt Park merupakan sebuah komplek besar yang berada di distrik 22 Vienna, Austria. Bangunan ini terdiri dari delapan lantai hunian, perkantoran, dan area sewa di belakang stasiun kereta api bawah tanah Kagraner Platz. Perletakannya, bentuk serta ukuran jendela sengaja dibuat acak untuk mengalihkan perhatian dari ukuran bangunan yang sangat besar ini, sekaligus membuat tampilan eksterior yang unik.

Baca juga: Ini Ide-ide untuk Berkreasi dengan Kolase Foto

Melindungi akses masuk

Pelindung pintu masuk (Sumber: plataformaarquitectura.cl)

Akses masuk bangunan atau rumah biasanya dilindungi oleh kanopi. Nah, kantilever tidak hanya berfungsi sebagai ruangan tambahan, tetapi juga dapat berfungsi ekstra sebagai kanopi. Bukan hanya sebagai kanopi, kantilever juga dapat menjadi pemfokus letak pintu masuk utama dan penanda jantung dari sebuah bangunan.

Menjadi carport yang arsitektural

Sebagai pelindung tempat parkir (Sumber: e-architect.co.uk)

Desain carport saat ini tidak lagi biasa. Kantilever dapat melindungi kendaraan dan membuat desain carport menjadi luar biasa, unik, dan juga multifungsi.

Menjadi ruang dengan pemandangan

Museum Wine di Lavaux (Sumber: dezeen.com)

Kantilever memungkinkan penonjolan sebagian besar ruang agar mendapat lebih banyak pemandangan dari luar. Seperti salah satunya Museum Wine di Lavaux, Swiss. Museum yang didirikan pada tahun 2012 ini menjadi bagian dari World Heritage Site UNESCO dan sengaja dibangun untuk menarik minat secara besar-besaran terhadap kekayaan budaya serta warisan daerah yang sekarang sudah mulai ditinggalkan. Berada di tepi Danau Genewa, museum ini bergantung pada batu karang, tanpa mengganggu perkebunan anggur yang dilindungi.

Menyatu dengan alam

Solusi untuk topografi lahan yang sulit (Sumber: inhabitat.com)

Keadaan lingkungan atau lahan dengan topografi curam tidak akan lagi menjadi permasalahan. Desain kantilever memungkinkan bangunan menyatu dengan alam sekitarnya. Namun perlu diingat, bahwa topografi lahan dan jenis tanah perlu diperhatikan saat mendesain kantilever. Pemilihan jenis dan bobot bahan juga perlu diperhitungkan dengan teliti untuk menjaga keseimbangan kantilever.

Proses Desain Struktur Kantilever

Desainnya yang unik seperti melayang di udara membuat desainer atau  pemilik hunian harus ekstra hati-hati dan detail saat merencanakan pembangunannya. Untuk Anda yang tertarik menggunakan desain kantilever pada rumah, berikut adalah tiga tahap utama yang harus Anda perhatikan dengan baik.

  1. Perhitungan beban rencana pada struktur pelat kantilever
  2. Penghitungan momen terjadi pada struktur pelat kantilever
  3. Penghitungan kebutuhan tulangan atau besi beton pada struktur pelat kantilever

Inspirasi Hunian dengan Desain Kantilever

The Trojan House

The Trojan House, Melbourne (Sumber: thecoolhunter.net)

Melihat rumah ini tentu akan membuat Anda tercengang akan keindahan desainnya. Bagaimana tidak, rumah ini mempunyai desain lantai atas yang tampak melayang di udara. Desain ini dirancang dengan perhitungan yang sangat detail dan cermat, jika tidak pasti bangunan yang berada di atas sudah roboh. Meskipun dibuat dengan desain yang detail dan modern, rumah ini tetap menggunakan bahan dasar kayu sehingga mampu menampilkan sisi tradisionalnya.

Vila Castela Residence

Vila Castela Residence (Sumber: propgoluxury.com)

Untuk menonjolkan serta memanfaatkan posisinya yang ekstrem, rumah ini memanfaatkan desain kantilever tidak hanya untuk mendapatkan estetika yang baik, tetapi juga untuk menonjolkan kemiringan topografinya. Rumah ini dibangun di lahan dengan kemiringan 30 derajat. Rumah unik dan indah ini terletak di Nova Lima, Brasil.

Casa Playa Las Lomas

Casa Playa Las Lomas (Sumber: pinterest.com)

Rumah ini berada di atas area berbatu dan berpasir, serta berada di dekat laut. Mungkin inilah desain rumah dengan kantilever yang paling unik karena memiliki banyak sisi dan kantilever. Desain ini memiliki dua volume parallel di mana salah satunya lebih tinggi yang dapat digunakan untuk menikmati pemandangan laut. Bahkan, ada pula kolam renang yang menggantung di atas bebatuan. Selain unik, rumah yang satu ini juga didesain dengan baik dan mewah.

Baca juga: Ini Jenis Wallpaper Dinding yang Cocok Untuk Keperluan Dekorasi

SGNW House

SGNW House (Sumber: homedsgn.com)

Apakah yang terlintas di benak Anda saat melihat rumah yang satu ini? Tentu indah bukan? Pasti setiap orang menginginkan tempat tinggal dengan desain rumah yang indah dan mewah seperti ini. Sebuah rumah kontemporer yang megah seperti istana ini mempunyai bagian kantilever yang berada tepat di atas kolam renang.

Itulah tadi inspirasi desain beserta manfaat dari desain kantilever. Desain ini dapat memberikan kesan unik dan berbeda, sekaligus mewah pada hunian. Apakah Anda tertarik untuk mengaplikasikannya pada hunian pribadi Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *