Desain Kamar Mandi Minimalis 2018, Yuk Ditiru!

Desain rumah minimalis dengan seberapapun luas bangunannya, pasti tetap mencirikan karakter dan kebutuhan dari pemiliknya. Begitu juga untuk kamar mandi sebagai salah satu ruang utama sekaligus ruang privasi di dalam rumah. Desain kamar mandi minimalis perlu sangat diperhatikan dan disesuaikan dengan kebutuhan serta kebiasaan penggunanya.

Pada dasarnya, desain kamar mandi yang baik haruslah mudah untuk dibersihkan, tidak licin, serta memiliki pencahayaan dan juga sirkulasi udara yang baik. Namun seringkali, ukuran ruang yang terbatas menjadi hambatan untuk rumah terlihat indah, terutama ukuran kamar mandi yang selalu lebih kecil dibandingkan dengan ruangan lainnya.

Kamar mandi seringkali hanya mendapatkan sentuhan desain dan dekorasi seperlunya. Luasnya yang terbatas juga membuat konstruksi interior kamar mandi tidak memungkinkan untuk banyak diubah. Nah, salah satu desain paling baik untuk kamar mandi adalah gaya minimalis. Desain kamar mandi minimalis adalah rancangan kamar mandi yang lebih mengedepankan fungsi tanpa mengurangi aspek estetika. Yuk intip desain kamar mandi minimalis yang cocok untuk rumah Anda berikut.

Luas Kamar Mandi

Warna cerah untuk kamar mandi yang lebih luas (Sumber: victoriaplum.com)

Luas atau besaran kamar mandi sangat berpengaruh pada pilihan bentuk dan ukuran fixture yang digunakan. Terlebih lagi jika Anda mempunyai ukuran kamar mandi yang tidak terlalu besar, maka harus benar-benar selektif agar ukuran fixture tidak membuat ruangan menjadi sempit atau membuat pergerakan tidak nyaman. Pilihlah fixture, seperti kloset, wastafel, atau bathtub yang berukuran ramping dengan desain yang sederhana. Perlu diingat bahwa desain minimalis selalu mementingkan fungsi, dan bukan desain.

Namun, aturan yang berkebalikan berlaku untuk ukuran kamar mandi yang cukup luas. Justru Anda harus memilih fixture yang berukuran agak besar agar seimbang dengan luasnya ruang kamar mandi. Jangan sampai memilih fixture yang membuat ruangan terlihat sangat kosong.

Material lantai

Material lantai (Sumber: houzz.com)

Saat akan menentukan pemakaian material lantai, selain material yang tidak licin, faktor keindahan desain dan daya tahan juga penting untuk diperhatikan. Salah memilih material yang kurang kuat dapat berakibat pecah dan lantai menjadi mudah rusak. Bayangkan kesulitan yang harus Anda hadapi saat memperbaiki kamar mandi yang rusak, apalagi jika Anda hanya mempunyai satu kamar mandi di rumah.

Ubah partisi tirai menjadi kaca

Partisi kaca (Sumber: victoriaplum.com)

Masih menggunakan partisi kamar mandi dari tirai kain waterproof? Walaupun terlihat lebih praktis dan murah, namun partisi tirai kurang cocok digunakan untuk kamar mandi minimalis dengan luas yang terbatas. Nah, cobalah untuk menambahkan elemen kaca frameless untuk partisi area basah dengan area kering.

Menggunakan partisi kaca akan membuat kamar mandi Anda terlihat lebih lebar dan terang lho. Panel kaca ini juga mudah dipasang dan mudah dibersihkan. Anda dapat memasangnya dengan dua cara, yaitu dari bawah atau tergantung dari atas plafon. Namun, hindari pemakaian pintu geser dari panel kaca karena cukup sulit untuk dibersihkan.

Pemilihan model keramik

Model keramik (Sumber: homedepot.com)

Untuk pemilihan model dan warna keramik, Anda memerlukan strategi khusus. Pilihlah warna keramik untuk dinding berwarna terang untuk memancarkan cahaya dan memberikan kesan lega. Jika Anda sudah memilih lantai kamar mandi berwarna gelap, maka pilihlah warna terang pada area dinding hingga menyentuh plafon.

Anda dapat juga mengkombinasikan dua warna keramik senada untuk membuat aksen dinding yang lebih unik. Teknik pemasangan yang lebih kreatif dapat membuat kamar mandi Anda terlihat lebih menarik namun tidak berlebihan.

Pilih shower yang minimalis

Desain shower minimalis (Sumber: realestate.com.au)

Untuk kamar mandi minimalis, Anda dapat mengganti bathtub atau bak mandi dengan shower sebagai medium bilas yang lebih modern. Terdapat banyak sekali model shower yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Pilihlah desain yang minimalis dan aplikasikan pada titik yang cukup tinggi. Pasang juga keramik hingga menyentuh dinding di bagian atas shower agar ada kesan yang lebih luas dan lega pada kamar mandi. Penggunaan jenis keramik dari material batu konkret dapat memberikan kesan mewah dan timeless.

Penggunaan pintu geser

Pintu geser (Sumber: decoist.com)

Nah, untuk lebih memaksimalkan penggunaan area kamar mandi, Anda dapat mengganti pintu lama kamar mandi Anda menjadi pintu geser yang lebih praktis. Bayangkan saja, Anda dapat menghemat ruang yang cukup signifikan hingga 9 meter dengan mengganti pintu biasa dengan pintu geser. Untuk memasang pintu geser, Anda harus membuat rel pada bagian dinding kamar mandi terlebih dahulu. Dengan demikian, akan ada ruang fleksibel untuk meletakkan perabotan lain yang dibutuhkan pada kamar mandi.

Maksimalkan area vertikal yang ada

Manfaatkan area vertikal (Sumber: hgtv.com)

Gunakanlah area dinding di kamar mandi secara maksimal. Anda dapat menggunakan dinding untuk menggantung rak, kabinet, kaca, atau rel handuk untuk menata peralatan mandi agar terlihat tetap rapi. Dianjurkan untuk memilih rak gantung yang terbuka agar ruangan terkesan lebih luas.

Waktu pemakaian kamar mandi

Sesuaikan dekorasi kamar mandi dengan kebutuhan (Sumber: smarterbathrooms.com.au)

Anda sering berlama-lama saat menggunakan kamar mandi? Nah, waktu pemakaian kamar mandi juga dapat menentukan kebutuhan untuk kamar mandi minimalis. Sebagian besar orang memang memfungsikan kamar mandi hanya sebagai tempat untuk membersihkan diri saja. Namun, banyak juga orang yang membutuhkan kamar mandi untuk membuat mereka betah dan berlama-lama di dalamnya. Jadi, buatlah kamar mandi Anda senyaman mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Penambahan televisi juga banyak dijadikan pilihan lho.

Apapun desain dan gaya yang Anda pilih, pilihlah desain kamar mandi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Tidak hanya estetis, tetapi juga fungsional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *