Ingin Membuat Denah Rumah Sendiri? Yuk Ikuti Cara Mudahnya!

Dalam proses membuat rumah, tentu terdapat tahapan-tahapan yang harus dipatuhi. Sebelum proses pembangunan rumah dimulai, Anda harus membuat denah rumah terlebih dahulu. Denah rumah dibutuhkan untuk mempermudah proses pembangunan rumah. Gambar denah inilah yang nantinya akan dijadikan dasar oleh kontraktor saat membangun. Namun, tidak semua orang mampu untuk menyewa jasa arsitek untuk membuat desain rumah. Mungkin ada juga yang merasa rumahnya tidak terlalu besar sehingga ingin membuat desainnya sendiri tanpa bantuan jasa arsitek. Nah, Anda dapat membuat denah rumah sendiri dengan mudah lho.

Denah rumah dapat digambar melalui serangkaian tahap desain. Mulai dari analisa kebutuhan, analisa lahan, konsep desain, hingga tahap pengembangan desain. Setelah semua tahap tersebut diselesaikan dengan baik, barulah sebuah denah dapat digambar dan dimanfaatkan untuk tahap pembangunan. Sebelum Anda membuat gambar denah, ikuti beberapa tips berikut untuk memudahkan Anda.

Contoh denah rumah (Sumber: inforumahminimalis.com)

Tips Sebelum Mendesain Rumah

1. Mencari inspirasi saat berjalan-jalan

Anda dapat mengajak keluarga berjalan-jalan ke suatu perumahan untuk melihat desain rumah yang ada di dalamnya. Potret rumah-rumah yang menurut Anda dan keluarga cukup menarik. Saat yang tepat untuk mengambil gambar adalah di pagi atau sore hari saat cahaya tidak terlalu menyilaukan.

2. Referensi dari media

Anda juga dapat mencari gambar-gambar desain rumah dari internet atau majalah yang berkaitan dengan desain. Carilah referensi yang cukup baru, agar desainnya tidak terlalu ketinggalan zaman.

3. Datang ke pameran properti

Jika ada pameran properti yang sedang berlangsung di kota Anda, cobalah untuk mendatanginya. Di sana jangan lupa untuk mengambil beberapa brosur yang ditawarkan dan tandai model rumah yang Anda minati.

4. Diskusikan dengan keluarga

Setelah Anda mengumpulkan beberapa referensi gambar desain rumah yang menurut Anda menarik, tahap selanjutnya adalah mengkonsultasikannya dengan keluarga. Diskusikan mengenai bentuk rumah serta ruang-ruang apa saja yang dibutuhkan (kamar tidur, ukuran ruang tamu, ruang makan, ruang keluarga, dapur, taman, garasi, dan lainnya)

Contoh denah rumah berwarna (Sumber: blogspot.co.id)

Cara Mendesain Denah Rumah

Setelah Anda selesai mencari referensi desain, sekarang saatnya mulai membuat desain. Perlu diketahui, bahwa tidak dibutuhkan keahlian khusus dalam mendesain denah, siapapun bisa melakukannya. Bahkan kegiatan membuat denah dapat menjadi kegiatan yang paling menyenangkan.

Secara arsitektural, gambar denah memotong bangunan secara melintang dengan ketinggian 1m dari titik acuan kurang lebih 0.00. Pada denah, setiap ruang  harus tergambar dengan jelas, berikut perbandingan ukuran sebenarnya, ketinggian lantai, keterangan ukuran, letak bukaan pintu dan jendela, perletakan struktur, furnitur, tangga, juga bahan bangunan dan vegetasi. Berikut adalah tahapan pembuatannya.

1. Menentukan data penghuni rumah

Saat membangun, kita perlu mengetahui berapa orang yang akan menghuni rumah tersebut. Misalkan ada 3 orang yang terdiri dari ayah, ibu, dan 1 orang anak.

Contoh denah (Sumber: renovasi-rumah.net)

2. Membuat program ruang

Selanjutnya adalah menentukan jumlah ruang beserta ukurannya, seperti kamar tidur (3 x 3m), kamar mandi (1,5 x 1,5 m), dapur, pantry, teras, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, kamar tidur pembantu, taman, tempat cuci jemur, garasi, dan sebagainya. Sebaiknya pikirkan dengan detail ukuran tiap ruangnya. Namun, ukuran ruang tetap dapat berubah saat proses mendesain.

3. Buat sketsa lahan pada kertas millimeter

Buatlah denah pada kertas millimeter block, berikut perlengkapan lainnya seperti penggaris, penghapus, pensil, dan lainnya. Untuk memudahkan Anda saat menempatkan ruang, maka dibutuhkan garis bantu yang akan memandu Anda. Mulailah menggambar garis bantu dari area depan rumah yaitu carport.

4. Buat pembagian ruang

Setelah menggambar garis bantu, selanjutnya Anda dapat membagi ruangan yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan. Kebutuhan ruang haruslah menyesuakan dengan kondisi luas tanah. Opsi lain jika luas tanah tidak terlalu besar adalah dengan membuat rumah tingkat agar semua ruang dapat terealisasikan.

Saat melakukan pembagian ruang, Anda juga harus menentukan hubungan konsep antar ruang. Misalnya, ruang tamu akan lebih baik jika ditempatkan di bagian depan denah rumah, sedangkan ruang keluarga akan lebih baik ditempatkan dekat dengan dapur dan ruang makan. Intinya, aturlah semua ruangan dalam rumah agar benar-benar nyaman untuk seluruh anggota keluarga.

Gambarkan furnitur dan pintu dengan jelas (Sumber: hipwee.com)

5. Tambahkan gambar furnitur

Selanjutnya, Anda dapat melengkapi setiap ruangan dengan furnitur dan fixture yang sesuai dengan letak sebenarnya. Cara ini juga dapat memberikan bayangan kepada Anda mengenai luas ruang yang dibutuhkan agar sesuai dengan kebutuhan penghuni rumah.

6. Beri pintu dan jendela

Setelah semua ruangan masuk ke dalam sketsa lahan Anda, langkah selanjutnya adalah memberikan notasi pintu dan jendela pada denah. Tentukan dengan jelas di mana posisi pintu dan jendela pada sketsa yang menurut Anda sudah final. Tentukan pula jenis pintu depan yang akan Anda gunakan, apakah itu pintu single atau double.

7. Evaluasi ulang

Tentu Anda ingin rumah Anda nyaman tidak hanya bagi Anda seorang diri, tetapi juga bagi seluruh keluarga Anda. Ajaklah keluarga Anda berdiskusi apakah sketsa yang telah Anda buat mencukupi seluruh kebutuhan mereka. Evaluasi kembali apakah seluruh ruang sudah mendapatkan cahaya matahari dan sirkulasi udara yang cukup. Anda juga dapat berdiskusi dengan orang yang lebih mengerti, seperti teman yang baru saja membangun rumah, saudara, atau tetangga.

Membuat denah rumah yang benar berarti selangkah lebih maju untuk mewujudkan rumah idaman yang sesuai dengan keinginan Anda dan keluarga. Denah yang sempurna akan memudahkan tahapan desain selanjutnya dan terhindar dari kesalahan proses pembangunan.

Ssssst… ngomong-ngomong soal rumah, sudah cek produk Greenwood? [Klik produk bagus]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *