7 Ide Dekorasi Rumah Mungil Kekinian

Bagi setiap orang, tentu mempunyai rumah sendiri menjadi impian teratas dan juga pencapaian tersendiri dalam hidupnya. Namun, di tengah berkurangnya lahan perumahan dan melambungnya harga properti, membuat ukuran rumah semakin lama menjadi semakin mungil. Akan tetapi, tuntutan kebutuhan dan kenyamanan bahkan cenderung meningkat.

Untuk mendekorasi rumah mungil kadang dapat menyulitkan, karena keterbatasan ruang membuat penghuni rumah harus ekstra berpikir agar dekorasi yang digunakan tidak membuat rumah terlihat sempit. Ukuran sebuah rumah yang tidak terlalu besar tidak membatasi kreatifitas Anda dalam mendesain dan mendekorasi rumah lho. Banyak cara-cara sederhana yang dapat membuat rumah terlihat elegan dan kekinian. Kali ini kita akan melihat beberapa ide dekorasi rumah mungil yang dapat Anda jadikan acuan untuk memunculkan ide-ide segar yang unik untuk rumah idaman.

1. Dekorasi kamar tidur

Inspirasi kamar tidur mungil (Sumber: elledecor.com)

Kamar tidur sebagai fasilitas utama dalam rumah menjadi hal yang harus didahulukan dalam proses dekorasi. Anda dapat menambahkan lantai kayu dengan pintu balkon yang terbuat dari pintu kaca lipat untuk memberikan kesan lega pada kamar tidur yang mungil. Anda juga dapat merancang lemari multifungsi sebagai penanda area kamar tidur. Selain memberikan kesan kamar tidur sebagai area privasi, desain lemari multifungsi dapat menjadi andalan untuk ruang mungil yang tidak mempunyai banyak ruang penyimpanan.

Baca juga: Ini Ide-ide untuk Berkreasi dengan Kolase Foto

2. Ruang multifungsi

Ruangan multifungsi (Sumber: pinterest.com)

Untuk rumah mungil yang tidak mempunyai banyak ruang, Anda dapat mengintegrasikan dua atau tiga fungsi dalam satu ruangan. Tata ruang multifungsi seperti ini disebut dengan interior open plan, dan ruangan-ruangan yang biasanya digabung menjadi satu adalah ruang keluarga atau ruang tamu, ruang makan, dan dapur. Menggabungkan dua ruangan menjadi satu dapat membuat ruangan terlihat lebih luas.

Konsep ini juga memberikan ide pilihan elemen atau material selain dinding sebagai pembatas ruang. Batas antar ruang juga tidak melulu berupa dinding massif lho. Anda dapat memanfaatkan kolom, furnitur, atau bahkan perbedaan warna pada tembok. Konsep open plan juga akan memberikan aliran ruang yang nyaman dan lega.

3. Desain tangga

Split-Grow House (Sumber: dezeen.com)

Sebagai penghubung antar lantai dan bagian dari interior rumah, desain tangga pada rumah mungil juga harus dipertimbangkan sebaik-baiknya karena persentase ruang yang dibutuhkan untuk tangga biasanya cukup ‘memakan tempat’. Lahan yang semakin sempit dan budget yang terbatas di tengah kebutuhan ruang yang banyak, membuat arsitek melahirkan konsep baru yang bernama Split-Grow House. Split-Grow House merupakan rumah split yang muncul seiring dengan kemampuan budget dari pemiliknya.

Konsep split ini digunakan untuk mengatasi jumlah permintaan ruang yang setara dengan 3 lantai, namun dimanipulasi hingga terlihat seperti 2 lantai saja. Jadi, jika dilihat dari sisi depan rumah tidak akan terlihat mencolok dan membalap tinggi rumah di sampingnya.

Anda juga dapat memanfaatkan ruang di bawah tangga sebagai rak atau perpustakaan di rumah. Alternatif desain ini memberikan cukup banyak ruang untuk meletakkan dan menyimpan barang sambil tetap menjaga kebersihan dan kerapian ruang agar tetap terlihat lega.

4. Desain void dan taman pada rumah mungil

Desain void (Sumber: saigoneer.com)

Rumah yang tidak terlalu besar juga biasanya memiliki jarak yang sangat dekat dengan rumah di sebelahnya. Nah, void dapat menjadi solusi cerdas untuk mengatasi kesumpekan, kurangnya pencahayaan, serta polusi suara dari rumah tetangga. Apa itu void? Void adalah ruang kosong yang berada di antara lantai atas dan lantai bawah rumah. Biasanya digunakan untuk mengatur sirkulasi udara agar suhu yang berada di dalam ruangan tetap terasa sejuk dan tidak panas.

Anda juga dapat memanfaatkan area di bawah void untuk dijadikan taman kecil yang menambah kesan lega dan asri karena memasukkan unsur lingkungan luar ke dalam ruangan.

5. Warna terang dan pencahayaan alami

Warna terang dan cahaya natural (Sumber: qumania.com)

Rumah yang mungil sebaiknya mengutamakan warna terang untuk pilihan dekorasi, terutama untuk warna dinding. Warna terang dapat memantulkan lebih banyak cahaya yang membuat ruangan menjadi lebih luas secara visual. Anda juga harus mempertimbangkan untuk membuat jendela besar di ruangan kecil. Jendela besar tanpa blind dapat memberikan ilusi ruangan yang lebih luas.

Lalu bagaimana untuk pencahayaan di malam hari? Perpaduan antara cahaya langsung dari lampu utama dan cahaya tidak langsung dari lampu tersembunyi dapat membuat ruangan terlihat lebih luas saat malam hari. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan plafon gantung sebagai wadah untuk menyembunyikan lampu sekunder di ruangan.

6. Fungsi backsplash untuk dapur

Dapur backsplash (Sumber: hgtv.com)

Untuk rumah yang tidak terlalu luas, dapat dipastikan bahwa ukuran dapur pun tidak akan luas. Nah, untuk itu Anda harus menjaga kerapigan dapur, agar dapur tidak terlihat semakin sempit dan berantakan. Untuk itu, manfaatkan backsplash sebagai area penyimpanan alat-alat dapur yang sering Anda gunakan. Backsplash adalah dinding yang ditempeli dan berhadapan langsung dengan meja dapur. Anda juga dapat mengoptimalkan pemakaian ruang dengan menggunakan meja dapur berbentuk L.

7. Furnitur kamar mandi

Dekorasi kamar mandi mungil (Sumber: g9z0bl.info)

Untuk bagian kamar mandi pilihlah material dan furnitur yang dapat membantu meningkatkan fungsionalitas ruang. Paduan dari ubin mosaik dan furnitur kamar mandi berwarna terang membuat kamar mandi kecil terlihat lebih luas. Gunakanlah juga rak vertikal dan ramping untuk menyimpan peralatan mandi.

Ternyata rumah mungil di lahan sempit tidak selalu berarti sumpek dan tidak nyaman lho. Dengan menerapkan ide-ide dekorasi yang tepat dapat mengatasi masalah lahan dan budget, serta membuat rumah mungil Anda terlihat sederhana, elegan, dan tetap kekinian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *