Desain Dapur Minimalis Bergaya Scandinavian, Yuk lihat!

Masih berpikir bahwa dapur identik dengan suasana yang kotor? Jangan salah, saat ini dapur sudah tidak lagi dipandang sebagai area belakang atau area kotor dari rumah. Pada desain rumah modern atau minimalis, dapur seringkali dibuat menyatu dengan ruang makan atau ruang keluarga. Oleh sebab itu, desain dapur minimalis harus dipikirkan dengan baik untuk membuat ruangan tetap bersih dan terlihat cantik.

Nah, untuk Anda yang ingin membuat dapur minimalis, gaya Scandinavian adalah salah satu pilihan yang paling tepat. Desain bergaya Scandinavian terkenal memiliki ciri khas yang simple atau sederhana, minimalis, tetapi tetap fungsional. Gaya desain ini mulai berkembang pada tahun 1950 dari sebuah gerakan desain oleh negara-negara Nordic seperti Finlandia, Norwegia, Swedia, Islandia, dan Denmark.

Desain Scandinavian cocok untuk Anda yang ingin mendesain dapur yang sederhana, minimalis, akan tetapi tetap fungsional. Gaya Scandinavian sendiri identik dengan warna-warna yang bersih dan netral, seperti putih, abu-abu, atau hitam. Pemakaian material utama seperti besi dan kayu juga kerap digunakan untuk membawa unsur natural pada rumah.

Bagi Anda yang sedang mencari inspirasi untuk dapur minimalis atau yang ingin merombak dan menambahkan sedikit sentuhan Scandinavian pada dapur rumah, berikut adalah beberapa inspirasi yang bisa Anda terapkan.

Gunakan warna putih

Suasana dapur serba putih (Sumber: rilane.com)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ciri khas dari gaya Scandinavian adalah dominasi dari warna putih. Artinya jika Anda ingin menggunakan warna lain seperti warna cokelat atau abu-abu, warna putih tetap menjadi warna yang mendominasi. Gunakan skema warna yang lebih terang untuk memaksimalkan lebih banyak cahaya masuk ke dapur dan juga dipantulkan dinding. Menggunakan warna-warna terang dapat menjadi cara memberikan ilusi ruang dapur yang lebih lapang. Warna-warna yang cocok untuk dikombinasikan untuk dapur minimalis bergaya Scandinavian seperti kuning, toska, jingga atau kuning.

Dapatkan cahaya alami

Jendela untuk pencahayaan alami (Sumber: stylehomepark.com)

Untuk desain dapur minimalis bergaya Scandinavian, Anda harus memanfaatkan sinar matahari sebanyak mungkin untuk membuat ruangan terkesan lebih luas. Jangan biarkan jendela terhalang oleh tirai atau blind yang rumit untuk membiarkan cahaya alami dari luar masuk ke dapur sebanyak mungkin.

Namun, jika pemanfaatan cahaya alami tidak memungkinkan atau Anda memang lebih memilih untuk menambahkan pencahayaan buatan, menggunakan lampu gantung pada dapur dapat menambah kesan mewah tersendiri. Gunakan lampu gantung sederhana dengan desain unik dan sculptural untuk menambah aksen pada dapur Anda.

Baca juga: 9 Warna Cat Rumah Terbaik Berdasarkan Feng Shui

Pilihlah desain lantai yang terang dan praktis

Lantai kayu berwarna putih (Sumber: dobkanize.com)

Untuk desain dapur minimalis bergaya Scandinavian, lantai kayu adalah elemen paling penting. Selain penggunaan lantai kayu jauh lebih praktis, lantai kayu juga merupakan elemen kunci untuk mendapatkan dapur bergaya Scandinavian. Aturan ini bukan berarti penggunaan material lain tidak diperbolehkan lho. Material lain yang cocok digunakan adalah ubin keramik atau batu ubin dengan desain yang sederhana dan berwarna terang. Keduanya dapat menjadi pilihan yang praktis dan memberikan kesan bersih pada dapur.

Gabungkan material alami

Paduan unsur kayu dan desain minimalis (Sumber: contentor.org)

Desain Scandinavian juga mengutamakan kedekatan dengan alam. Jadi, gunakanlah material alami seperti kayu dengan maksimal. Tambahkan elemen kayu pada lantai, dinding, furnitur, atau bahkan langit-langit untuk menambah tekstur dan kehangatan pada dapur. Penggunaan cat warna putih atau abu-abu terang juga dapat membantu menonjolkan warna alami kayu.

Smart storage solution

Smart storage solution (Sumber: rilane.com)

Dapur minimalis dengan gaya Scandinavian berbicara mengenai kebutuhan akan ruang yang cerdas melalui penyimpanan praktis (smart storage) dengan tetap memerhatikan daya tarik visual. Desain ini biasanya tampil dengan bentuk pantry dan rak yang disusun dengan sederhana. Gaya ini tidak menggunakan terlalu banyak perabotan dan lebih mengandalkan tampilan yang simple dan tidak berlebihan, sehingga terlihat lebih rapi dan minimalis. Dapur dengan gaya Scandinavian yang minimalis juga dapat memberikan rasa lapang sekaligus cantik. Dengan begitu, memasak akan menjadi hal yang menyenangkan bukan?

Prinsip ‘form follows function’

Furnitur yang fungsional (Sumber: decoist.com)

Prinsip pada gaya ini adalah bahwa bentuk objek yang digunakan harus didasarkan pada fungsi serta tujuannya. Nah dari segi furnitur, gunakanlah furnitur dengan garis yang besar dan sederhana. Jangan gunakan ornamen dengan bentuk yang berlebihan.

Prinsip utama dari konsep ini adalah efisien. Artinya tidak hanya bentuknya yang indah tetapi juga mempunyai fungsi yang berguna, dan bukan hanya sekadar hiasan. Semua tambahan atau ornamen yang tidak mempunyai fungsi sebaiknya dikurangi.

Ruang dapur tanpa sekat

Ruangan tanpa sekat (Sumber: home-designing.com)

Ruang dapur yang tidak memiliki sekat dengan ruangan lain dapat memberikan kesan yang lebih luas dan lega. Ditambah dengan warna putih yang dominan pada keseluruhan ruang dan furnitur dapur membuat suasana dapur terkesan lebih bersih.

Sedikit sentuhan warna

Berikan sentuhan warna lain (Sumber: rilane.com)

Percayakah Anda, jika bahkan aksen terkecil dapat mengubah tampilan dari keseluruhan desain. Nah, Anda dapat menambahkan beberapa warna cerah pada nuansa serba putih di dapur minimalis. Tempatkan akses warna tadi secara strategis pada berbagai pilihan objek atau bahkan bunga dan tanaman untuk menambahkan sedikit warna.

Menggunakan tema yang sama

Tambahkan juga gaya Scandinavian pada bagian lain rumah Anda. Aplikasikan warna, material, dekorasi dan aspek desain lain yang telah Anda gunakan pada dapur untuk ruangan rumah lainnya.

Gaya Scandinavian sangat cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan suasana dapur minimalis yang simple, bersih dan luas. Perhatikan setiap aspek dekorasi pada rumah agar Anda dapat mendapatkan hasil yang maksimal. Sudah siap merenovasi dapur minimalis Anda dengan gaya Scandinavian?

Ssssst… ngomong-ngomong soal rumah, sudah cek produk Greenwood? Klik produk bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *