7 Inspirasi Rumah Unik di Dunia by Greenwood

Rumah merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Seiring perkembangannya, saat ini rumah tidak hanya berfungsi sebagai tempat berlindung atau beristirahat saja, tetapi rumah sudah mempunyai nilai yang lebih dari itu. Rumah telah menjadi identitas bagi sang pemiliknya. Setiap orang tentunya mempunyai bayangan tersendiri untuk rumah impiannya. Pasti masing-masing pribadi mempunyai selera yang berbeda-beda pula, mulai dari rumah yang bertema klasik, full color, mewah, elegan, hingga minimalis selalu didambakan oleh setiap orang.

Tidak sedikit pula banyak orang yang berani keluar dari jalur dan berani membangun rumah yang memiliki desain unik dan tak biasa. Banyak juga yang memilih desain sendiri dengan gaya yang terbilang unik dan berbeda dengan bentuk-bentuk rumah yang ada di lingkungan tempat tinggal. Seperti beberapa desain rumah unik di dunia ini yang akan membuat Anda tercengang karena keunikannya. Penasaran? Yuk, kita lihat ulasannya.

Rumah Piano dan Biola

Rumah piano dan biola (Sumber: pinterest.fr)

Rumah unik pertama yang akan kita bahas adalah rumah berbentuk piano dan biola raksasa yang terletak di kota Huainan, China. Biola kaca di rumah unik ini digunakan sebagai pintu masuk utama rumah. Rumah piano dan biola ini disangga oleh 3 kaki beton dan memiliki teras di bagian atapnya. Dinding-dindingnya yang terbuat dari kaca pun semakin menambah kecantikan dari rumah ini. Rumah piano dan biola ini dirancang oleh mahasiswa arsitektur di Hafei University of Technology pada tahun 2007 silam.

Rumah Transparan

Rumah transparan (Sumber: tokyolifestyle.fr)

Selanjutnya adalah hunian unik yang berada di Tokyo, Jepang. Rumah unik yang memiliki luas keseluruhan sekitar 85 meter persegi ini tembus pandang. Yap, tidak ada dinding beton ataupun kayu yang membatasi bangunan ini. Penggagas rumah unik ini adalah seorang arsitek asal Jepang bernama Sou Fujimoto. Rumah ini memang sengaja didesain seperti ini agar cahaya matahari mudah masuk dan sirkulasi udara selalu terjaga dengan baik. Orang yang berjalan di luar rumah dapat dengan jelas melihat dekorasi yang tertata di dalam rumah. Rumah ini memiliki rangka logam yang sangat kuat. Namun tenang saja, tidak semua bagian tembus pandang kok. Di beberapa bagian yang membutuhkan privasi dipasangi tirai dan gorden untuk menutupinya.

Rumah Batu

Casa do Penedo (Sumber: pinterest.com)

Apakah Anda tahu serial animasi ternama berjudul “The Flintstone”? Rumah unik yang satu ini terinspirasi dari serial tersebut lho. Hal ini terlihat dari bentuk uniknya yang berbahan dasar batu. Rumah unik ini dikenal dengan nama Casa do Penedo dan terletak di antara Celorico de Basto dan Fafe, Utara Portugal. Rumah ini dibangun pada tahun 1972 dan selesai pada tahun 1974. Sekilas, rumah unik yang diapit oleh batu ini memang terlihat primitiF. Namun, jika Anda melihat bagian dalamnya pasti akan sangat terkejut dengan desainnya. Pasalnya, rumah batu ini dilengkapi dengan perapian, kolam renang, bahkan pintu dan jendelanya dibuat antipeluru lho. Keren kan? Berkat keunikannya, rumah ini kini menjadi sebuah museum dan menjadi magnet bagi wisatawan yang berkunjung ke Portugal.

Rumah Toilet

Rumah toilet (Sumber: safarin.net)

Rumah unik yang satu ini berasal dari kota Suwon, Korea Selatan dan memiliki bentuk yang sangat mirip dengan kloset duduk. Rumah unik ini berukuran kurang lebih 419 meter persegi dan terdiri dari 2 lantai dan mempunyai 2 kamar tidur, 2 ruang tamu dan berbagai ruang menarik lainnya. Penggagas dari rumah unik berbentuk toilet ini adalah mantan walikota Suwon, yang bernama Sim Jae-duck. Sepeninggalnya, rumah unik ini kini dialihfungsikan menjadi sebuah museum. Nah, jangan lewatkan untuk berkunjung ke rumah unik ini saat Anda berlibur ke Korea Selatan ya.

Rumah Terbalik

Rumah terbalik (Sumber: deviantart.com)

Selanjutnya adalah rumah unik dengan desain yang terbalik 180 derajat. Akibat desainnya yang sangat unik dan lain daripada biasanya, desain rumah terbalik ini tengah menjadi tren selama satu tahun belakangan lho. Tidak hanya di luar negeri saja, di Indonesia pun sudah banyak yang membangun rumah dengan desain unik satu ini. Rumah unik ini didesain oleh seorang arsitek dari Polandia bernama Daniel Czapiewski. Saat itu, tujuan dari dibangunnya rumah ini adalah sebagai ungkapan terhadap berakhirnya era komunis di Polandia. Pembangunan rumah ini mengekspresikan ketidakstabilan kehidupan sosial yang terjadi saat masa-masa komunis berlangsung.

Proses pembangunan rumah ini memakan waktu empat kali lipat lebih lama dibandingkan rumah biasa. Hal ini dikarenakan banyak pekerja yang membangun merasakan pusing dan disorientasi arah saat melaksanakan tugas konstruksinya.

Rumah Sepatu

Rumah sepatu (Sumber: priceonomics.com)

Rumah unik berbentuk sepatu boot yang satu ini terletak di Hallem, Pennsylvania. Rumah ini didirikan oleh Colonel Mahlon Nathaniel Haines pada tahun 1948. Bentuknya yang seperti sepatu bot terinspirasi dari sepatu bot tua miliknya. Rumah sepatu ini berukuran 7,6 m dengan panjang 14,6 m. Sejak awal pembangunannya rumah ini digunakan sebagai guest house dengan tiga kamar tidur dengan kasur yang sangat berkualitas, dua kamar mandi, dapur, dan ruang tamu. Tidak hanya bentuknya yang unik, furnitur serta ornamen dekorasi di dalamnya juga mempunyai tema serupa. Seperti kandang anjing dan kotak pos yang berbentuk sepatu. Ada pula desain jendela yang diberi ornamen sepatu bahkan sampai ke pagar juga ada yang berbentuk sepatu.

Rumah Terkecil

Rumah terkecil (Sumber: ebaumsworld.com)

Sebuah rumah dengan luas hanya 1 meter persegi ini diakui sebagai rumah terkecil di dunia. Rumah karya arsitek Van Bo Le-Mentzal ini cukup ringan untuk dibawa kemana-mana lho. Rumah unik ini hanya memiliki satu pintu, jendela, dan kursi dengan berat kurang dari 45 kg. Sesuai dengan ukurannya yang mungil, rumah unik ini dijuluki dengan sebutan “One-Sqm-House”.

Itulah tadi 7 desain rumah paling unik di dunia. Manakah yang membuat Anda tertarik untuk dijadikan sebagai inspirasi desain rumah pribadi Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *